DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 04 Februari 2019 / 13:06 WIB

Bawaslu Bakal Rekrut 1.258 Pengawas TPS

WATES, KRJOGJA.com - Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) bakal dibentuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kulonprogo bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan, yang prosesnya akan diadakan bulan Februari-Maret 2019. 
Jumlah anggota Pengawas TPS sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 yakni 1 orang per TPS, sehingga di Kulonprogo bakal dibentuk dan dilantik 1.258 orang anggota Pengawas TPS.

"Peluang itu sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kulonprogo yang ingin bergabung sebagai Pengawas TPS. Selama memenuhi syarat administrasi, maka semua memiliki peluang yang sama menjadi Pengawas TPS," kata Koordinator Divisi Organisasi, SDM, Data, dan Informasi Bawaslu Kulonprogo, Wagiman SPd ketika dikonfirmasi Senin (04/02/2019).

Persyaratan diantaranya usia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat, berdomisili di wilayah kerja masing-masing. Pendaftaran dimulai 11 hingga 21 Februari 2019. Pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran di kantor Panwaslu Kecamatan (kantor kecamatan) atau Panwaslu Desa masing-masing. Jumlah minimal pendaftar dalam pembentukan Pengawas TPS yakni sebanyak 2 orang di setiap TPS. 

Menurut Wagiman, proses pembentukan Pengawas TPS ini akan dilakukan melalui 2 tahap seleksi yakni seleksi administrasi dan wawancara. Dalam proses pembentukan Pengawas TPS ini, masyarakat bisa memberikan masukan dan tanggapan terhadap calon anggota Pengawas TPS. Pelantikan Pengawas TPS akan diadakan 25 Maret 2019 mendatang. 

Dikatakan, peran Pengawas TPS ini sangat penting mengingat sebagai ujung tombak pengawasan pemilu saat tahap pemungutan dan penghitungan suara. “Yang diawasi adalah tahap paling penting dalam proses Pemilu, yakni mengawasi tahap pemungutan dan penghitungan suara," ujar Wagiman. (Wid)