DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 04 Februari 2019 / 12:42 WIB

Dua Desa di Kokap jadi Pilot Project 'Always on'

KOKAP, KRJOGJA.com - Dua desa yakni Desa Hargowilis dan Hargotirto Kecamatan Kokap menjadi pilot project 'Always on'. Saat ini tower dan repeater sudah siap, dan diharapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat Maret sudah bisa bikin pulsa "Bela Beli PulsaKu".

Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) mengatakan hal itu ketika melakukan kegiatan Bedah Rumah milik Sukimin Haryanto Tegiri Hargowilis Kokap yang mendapat bantuan Baznas Rp 15 Juta, Minggu (03/02/2019). Selain itu, rumah Samino Teganing Hargotirto Kokap mendapat Rp 10 juta dari PD BPR Bank Pasar dan Aladin Baznas Rp 3 juta. Donatur lainnya dari CV Citra Kartika, SMP N 1 Kokap, IMB dari Kecamatan dan lainnya. 

Bedah rumah mengerahkan juga perwakilan siswa SMP N 1 dan 2 serta SMP Muhammadiyah Kokap, mahasiswa KKN Universitas Mercu Buana, Karang Taruna, dan masyarakat.

Hasto menjelaskan sejak Januari tower dan repeater siap dan komunikasi menjadi lancar. Terpenting bukan saja komunikasi lancar dan cepat, namun BUMDes setempat bisa membikin pulsa 'bela beli pulsaKu'. 

"Bulan Maret voucher dengan merek Geblek Renteng. Ini semua selain masyarakat dengan cepat terakses internet dan komunikasinya, untuk pula pengembangan pariwisata di Kali Biru, Sermo maupun Pule Payung dan sekitarnya," tandasnya sembari menambahkan pula bahwa pembangunan di wilayah Kokap kaitannya dengan Bandara, Pedukuhan Tegiri dan Teganing kelewatan Bedah Menoreh, yakni dari Borobudur menuju Bandara. 

Terhadap Hargowilis maupun Hargotirto dan lainnya, lanjut Hasto, bila ada warga yang masih 'sekeng' atau rumah tidak layak huni silahkan lapor bupati maupun pemerintah desa setempat agar segera ditindaklanjuti. "Bersyukur penerimaan zakat infaq sedekah (ZIS) perbulan saat ini sudah mencapai Rp 300 juta. Terima kasih kepada para ASN dan berbagai pihak, sehingga dapat untuk membedah rumah warga," ujar Hasto. 

Terkait "always on", dikatakan Sutarman Kabid Aplikasi dan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, intinya masyarakat terkoneksi internet secara terus menerus. "Jadi ada hibah dari pihak ketiga PT Pelangi yang akan membangun infrastruktur internet bagi masyarakat. Nanti masyarakat hanya membeli pulsa/paket internet Rp 20.000 perbulan sudah bisa menggunakan paket internet selama sebulan. BUMDes yang mengelola pulsanya, dan nanti pendapatan tersebut untuk operasional dan pemeliharaan jaringan," urai Sutarman. (Wid)