DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 03 Februari 2019 / 22:10 WIB

Jogja Heboh 2019, Alternatif Hiburan Bagi Wisatawan di Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com - Pelaku seni dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kreatif di Kelurahan Tahunan bakal berpartisipasi dalam Jogja Heboh 2019 melalui Festival Kelurahan Tahun , sean 1.000 Angkringan dan Jumputan di Jalan Kali Manunggal pada 9 hingga 10 Februari 2019. Festival tersebut diharapkan mampu menjadi alternatif hiburan bagi masyakat maupun wisatawan dengan mengangkat seni budaya dan potensi ekonomi lokal. 

Panitia Festival Tahunan Jogja Heboh 2019 Helmi mengatakan festival ini merupakan salah satu rangkaian dari event Jogja Heboh 2019 yang menghadirkan kolaborasi seni budaya sebagai ajang ekspresi para pelaku seni sekaligus dengan pameran jumputan dari pelaku UMKM kreatif di Kelurahan Tahunan. Rangkaian kegiatan Festival Kesenian Kelurahan Tahunan tersebut meliputi pentas kesenian , karnaval budaya, pameran jumputan dan angkringan yang melibatkan seluruh cendekiawan, seniman, komunitas,  industri atau UMKM kreatif dan tentunya masyarakat di Kelurahan Tahunan. 

"Semoga Festival Kelurahan Tahunan tersebut bisa menjadi alternatif hiburan bagi warga lokal maupun wisatawan luar Kota Yogyakarta," ujar Helmi di Yogyakarta, Minggu (3/2/2019). 

Ketua Panitia Jogja Heboh 2019 HR Gonang Djuliastono menuturkan Kelurahan Tahunan sudah dikenal menjadi salah satu kampung wisata di Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta dengan ikon adalannya kain jumputan. Sehingga tidak mengherankan Kampung Tahunan menjelma dan terkenal sebagai sentra penghasil kain jumputan di Kota Yogyakarta.  

"Event Jogja Heboh 2019 kali ini ingin mengangkat kain jumputan ke tengah masyarakat agar produk tekstil ini diminati oleh masyarakat Di kampung Tahunan inilah banyak terdapat UMKM jumputan yang belum terekspos sehingga perlu diangkat agar dikenal masyarakat maupun wisatawan," kata Gonang. 

Gonang menyampaikan dengan keragaman seni dan budaya yang ditonjolkan kampung Tahunan mencoba untuk maksimalkan potensi tersebut untuk menarik kunjungan wisatawan melalui partisipasinya dalam Jogja Heboh 2019. Dalam perkembangannya Kampung Tahunan tidak hanya dikenal dengan sentra kain jumputan semata, tetapi tumbuh juga industri/UMKM kreatif lainnya meliputi angkringan, kerajinan tangan miniatur pesawat terbang, wayang kertas dan berbagai ragam produk souvenir lainnya. 

"Jadi Festival Kelurahan Tahunan yang mengangkat 1.000 Angkringan dan Jumputan dalam Jogja Heboh 2019 ini supaya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dengan atraksi seni budaya yang menarik sekaligus meningkatkan transaksi pelaku industri/UMKM kreatif setempat," pungkasnya. (Ira)