Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 01 Februari 2019 / 17:44 WIB

Sasar Desa Tijayam, TNI Tanam Mahoni di Jalan Kranggan

KLATEN, KRJOGJA.com – Babinsa dan anggota Koramil 12/ Manisrenggo, Klaten, melaksanakan karya bhakti penghijauan, Jumat (1/2), dengan menanam pohon Mahoni disepanjang Jalan Desa Kranggan Manisrenggo, Klaten. 

“Kegiatan ini sebagai upaya mendukung program penghijauan yang dicanangkan pimpinan. Terjun langsung melaksakan kegiatan bersama masyarakat, merupakan kerja nyata aparat teritorial," ujar Serda Ali

Lebih lanjut Serda Ali mengemukakan, dipilihnya jenis pohon mahoni, karena akar tanaman ini kuat, sehingga  akan memperkokoh kondisi tanah,. Dengan demikain jalan tidak akan mudah longsor. Selain itu, saat musim penghijauan akar pepohonan tersebut juga akan menyerap air, sebagai cadangan ketika musim kemarau.

Penghijauan di jalan desa tersbeut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam.

Di sisi lain, Kodim Klaten melaksanakan sosialisasi TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2019 di aula Desa Tijayan Kecamatan Manisrenggo.

Sosialisasi diikuti oleh Muspika Kecamatan Manisrenggo, Kepala Desa Tijayan dengan perangkatnya, Ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, PKK dan Posyandu, serta perwakilan warga Desa Tijayan.

Dalam sosialisasi tersebut Peltu Sunaryo menyampaikan dengan diselengarakannya TMMD di Desa Tijayan ini mengharap adanya kerja sama seluruh unsur yang ada, baik masyarakat maupun dan instansi terkait, guna keberhasilan TMMD.

Desa Tijayan masuk dalam klasifikasi zona merah. Kegiatan TMMD diharapkan bisa membantu desa ini menjadi lebih baik. Program fisik yang menjadi prioritas adalah pengerasan jalan, jambanisasi dan rehab rumah tidak layak huni .

“Barometer keberhasilah TMMD, adalah kemanunggalan TNI dan Rakyat. Sasaran TMMD adalah RTLH 10 unit, jambanisasi 5 Unit, betonisasi jalan sepanjang 600 meter, serta rehab tempat ibadah 1 unit dan beberapa kegiatan non fisik “ kata Peltu Sunaryo, Bati Bhakti TNI Staf Teritorial Kodim 0723/Klaten.

Kepala Desa Tijayan, Joko Lelono mengatakan, wilayahnya yang cukup minus, warganya bermata pencaharian sebagai petani dan buruh lepas. “Kami berharap seluruh warga mendukung dan membantu sekuat tenaga untuk suksesnya pelaksanaan TMMD ini “ Ungkap Joko Lelono Kades Tijayan Manisrenggo Klaten. (Sit)