Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 30 Januari 2019 / 20:20 WIB

Dobrak Mitos, Cawapres Sandiaga Uno Berani Kunjungi Pati

PATI, KRJOGJA.com – Cawapres Sandiaga Uno ternyata berani berkunjung ke wilayah Kabupaten Pati, Rabu (30/1/2019). Ini berarti merupakan peristiwa kali ke dua yang dilakukan oleh seorang calon pimpinan negara, setelah SBY pada tahun 2003 lalu. 

Berdasar mitos yang dipercaya sebagian masyarakat selama ini, banyak pejabat yang tidak berani berkunjung ke wilayah Pati. Hal itu disebabkan adanya anggapan, jika datang ke wilayah Pati maka akan turun jabatannya, atau bahkan bisa lengser dari kedudukannya. 

Namun mitos tersebut tidak selamanya benar. Karena sebelum terpilih menjadi Presiden RI pada tahun 2004 lalu, justru mantan Menkopolkam Jendral TNI (purn) Susilo Bambang Yudhoyono, sering bertandang ke wilayah Kabupaten Pati.  

Menurut tokoh sprititual wilayah Pati, Ustadz Mochamad Niam, keberanian cawapres Sandi berkunjung ke Pati, merupakan bukti adanya 'Wahyu Penjawi'. "Insyaallah, kabul maksud beliau," ujarnya singkat. 

Ribuan masa menyambut kedatangan Sandi di Masjid Agung Pati, Selasa malam. Setelah melaksanakan Salat Isya, cawapres Sandi juga 'dikepung' ratusan emak-emak, saat makan malam 'nasi gandul' Sardi Panjunan. 

Pada saat mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana, Rabu (30/1/2019), Cawapres Sandiaga Uno ditemui ribuan nelayan. Para nelayan mengeluhkan beberapa permasalahan. Selain menemui nelayan, cawapres Sandi juga menemui petani tebu, perwakilan  pegawai honorer, serta menyempatan diri untuk ziarah ke makam (alm) KH Sahal Mahfudz di Kajen.(Cuk)