Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 30 Januari 2019 / 18:10 WIB

Raih Adipura, Sampah Plastik Masih Jadi 'Musuh Utama' Kota Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com - Penghargaan Adipura tahun 2018 untuk Kota Magelang dikirab menyusuri ruas jalan protokol Kota Magelang, Rabu (30/1/2019). Hujan sempat mewarnai perjalanan kirab, khususnya ketika perjalanan kirab mulai mendekati komplek Perkantoran Pemerintah Kota Magelang. Ketika proses upacara penyerahan Adipura dari Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT kepada Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno, untuk kemudian diserahkan kepada camat dan lurah di Kota Magelang, hujan reda. Namun ketika upacara selesai, hujan kembali mengguyur. 

Kepada wartawan, Walikota Magelang diantaranya mengatakan Pemerintah Kota Magelang akan merumuskan kebijakan terkait dengan pengurangan sampah plastik di Kota Sejuta Bunga. Diharapkan keberadaan sampah plastik bisa berkurang atau bahkan zero sampah plastik. "Saya akan rumuskan. Kalau bisa Kota Magelang kurangi sampah plastik, bahkan mungkin bisa zero sampah plastik. Kita tidak menggunakan yang berbau plastik," kata Walikota Magelang.  

Walikota Magelang juga mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dengan tidak membeli di toko-toko. Ketika berbelanja juga menggunakan tas tersendiri, bukan tas kresek. "Karena seperti yang kita ketahui, sampah plastik itu mengurainya sangat sulit butuh ratusan tahun," katanya.

Di Kota Magelang, lanjutnya, sudah diterapkan pengelolaan sampah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle) atau menggunakan kembali, mengurangi, dan mengolah kembali atau daur ulang. Selain itu, ada juga bank sampah di setiap kelurahan, serta Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang fungsinya mengolah sampah agar menjadi lebih efektif. "Ini semua merupakan wujud komitmen kita dalam mengelola sampah dan kebersihan lingkungan," tambahnya.

Walikota Magelang menyatakan bersyukur tahun ini Kota Magelang kembali berhasil memperoleh anugrah Adipura, dan kali ini merupakan yang ke-10 kalinya. Perolehan ini berkat kerjasama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat. "Tahun ini kita dapat mempertahankan supremasi Adipura, artinya kita berkomitmen menjaga lingkungan, kebersihan sehingga sejuk, bersih, nyaman dihuni," katanya.

Seperti yang diketahui, Kota Magelang secara resmi menerima penghargaan Adipura yang diserahkan secara langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Jakarta, 14 Januari 2019 lalu. Rabu siang hingga sore piala ini dikirab menyusuri jalan protokol di Kota Magelang. Kirab dipimpin Walikota Magelang, diikuti para Asisten Sekda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat, Kepala Kelurahan maupun lainnya. Kirab dimulai dari wilayah Sambung, tepatnya di depan kompleks Armed 3 Nagapakca. Piala Adipura dinaikkan dalam sebuah mobil hias.(Tha)