Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 29 Januari 2019 / 10:36 WIB

Tingkatkan Peserta Sektor BPU, BPJS TK Gandeng Cermati.com

JAKARTA, KRJOGJA.com - Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) E Ilyas Lubis menyambut baik kerjasama dengan e-commerce finance cermati.com dengan harapan dapat menyerap kepesertaan dari sektor pekerja bukan penerima upah (BPU) yang jumlahnya lebih besar dari pesertan penerima upah.

"Potensi di luar penerima upah itu lebih banyak yakni 60 juta. Karena itu, kami menyambut baik kolaborasi ini mengingat kepesertaannya itu wajib, tapi bagaimana calon peserta dengan cepat menjadi peserta. Inilah yang menjadi pendorong dengan sistem online," kata Ilyas di Jakarta, Senin (28/1/2019).

Lebih jauh Ilyas usai penandanganan kerjasama dengan cermati.com menyebutkan, langkah ini merupakan upaya memperluas cakupan layanan kepesertaannya pada masyarakat. Cermati.com merupakan market aggregator produk keuangan pertama yang menyediakan layanan digital BPJS Ketenagakerjaan. 

Nantinya, dengan proses implementasi melalui portal cermati.com dapat menerima proses pendaftaran hingga pembayaran iuran bulanan kepesertaan untuk sektor bukan penerima upah atau pekerja mandiri  seperti ojek, pedagang, buruh bangunan, dan beberapa macam profesi mandiri lainnya. "Dengan terbukanya jalinan kerjasama ini, masyarakat semakin dimudahkan dalam proses pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketengakaerjaan," jelas Ilyas.

Pada kesemparan ini, Andhy Koesnanda, Direktur Cermati menyatakan, pihaknya percaya bahwa perlindungan yang bersifat sosial, seperti BPJS Ketenagakerjaan sangat berguna dan perlu dimiliki masyarakat Indonesia. "Hal ini mempertim bangkan iuran yang sangat terjangkau dan peserta mendapatkan perlindungan yang maksimal," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Andhy, kerjasama ini merupakan salah satu bentuk dukungan cermati.com terhadap peningkatan program perlindungan jaminan sosial oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, cermati.com memiliki jangkauan yang cukup luas ke dalam masyarakat sehingga berharap dapat berkontribusi dalam perwujudan kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja bukan penerima upah (BPU). (Ful)