DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 29 Januari 2019 / 11:42 WIB

HET Beras Perlu Dievaluasi Berkala

YOGYA, KRJOGJA.com - Masukan para pengusaha penggilingan padi agar evaluasi Harga Eceran Tertinggi (HET) beras dilakukan secara berkala dinilai cukup tepat. Hal itu dikarenakan keberadaan HET dinilai cukup penting dalam rangka pengendalian harga barang dan jasa. Dengan adanya evaluasi tersebut, diharapkan bisa diketahui apakah HET yang diterapkan sudah sesuai dengan
harga di pasaran atau belum.

"Keberadaan HET saya memang perlu dilakukan evaluasi secara berkala, karena salah satu bagian penting dari pengendalian harga. Dengan adanya evaluasi tersebut selain pengawasan lebih mudah dilakukan, diharapkan bisa diketahui apakah HET saat ini sesuai dengan harga pasar atau tidak," kata Sekretaris Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Yogyakarta Dr Y Sri Susilo MSi di Yogyakarta, Senin (28/1).

Menurutnya, stabilitas harga kebutuhan pokok di pasaran merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan pemerintah. Dengan cara itu, pengawasan terhadap stok dan kebutuhan bahan pokok akan lebih mudah dilakukan. Untuk itu, evaluasi HET perlu dilakukan secara berkala. (Ria)