Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 29 Januari 2019 / 06:10 WIB

Festival Getuk di Artos Mall Magelang Jadi Surga Makanan Asal Ketela Ini


MAGELANG, KRJOGJA.com - Meskipun terbuat dari bahan ketela, makanan getuk juga dapat sebagai bahan beberapa olahan. Tanpa harus meninggalkan cita rasanya sebagai makan getuk, kreasi olahan berbahan gatuk tersebut juga tidak kalah enak dan nikmatnya. Dan inilah salah satu yang dimunculkan dalam kegiatan Cooking Class dengan bahan baku utama getuk yang dilaksanakan di Atrium Hall Artos Mall Magelang, Senin (28/1/2019) siang hingga sore. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Festival Getuk yang berlangsung sejak 25 Januari 2019 lalu. 

Dipandu oleh chef de partie Grand Artos Hotel and Convention Chef Abdul, peserta diajak untuk mengkreasikan beberapa olahan getuk, baik barupa Getuk Pizza, Getuk Tiramisu, dan Getuk Panacota, yang semuanya dengan bahan dasar getuk yang telah disediakan. 

Tidak hanya Cooking Class, peserta juga ditantang mengkreasikan getuk agar menjadi sebuah makanan yang lebih menarik, baik dari segi, penampilan, rasa maupun penyajian. Ada 11 peserta yang tertantang mengikuti Lomba Kreasi Getuk. Getuk yang dipergunakan merupakan getuk tradisional. Dalam waktu beberapa menit, para peserta harus dapat mengolah dan menyelesaikan kreasinya. 

“Kegiatan seperti ini sangatlah bagus apabila sering diadakan, karena mampu melatih keberanian dan mengasah kreativitas anak dalam menerapkan ilmu mereka di bidang kuliner khususnya,” kata salah satu guru pendamping dari SMKN 3 Kota Magelang Sharika. 

Salah satu juri Ganang Sutaryo mengatakan kriteria yang diberlakukan dalam penilaian lomba ini terdiri dari kreativitas, ketepatan waktu, dan presentasi yang di sajikan. “Selain untuk menunjang pariwisata Magelang, dimana getuk merupakan ikon Kota Magelang, harapannya supaya masyarakat maupun pendatang dapat menikmati berbagai macam olahan getuk,” kata Ganang. 

Event Promotion Artos Mall Prio Aji berharap melalui kegiatan seperti ini makanan getuk akan dapat lebih dikenal dan diminati masyarakat, tidak hanya dengan sajian kelapa, tetapi juga dapat beragam kreativitas.
Dalam lomba kreasi getuk, juara I diraih Vigar Dwi Nurcahyo dari Magelang, Juara II diraih Aji Bagus Prayogo dari SMKN 3 Magelang, dan Juara III diraih Purnomo dari Magelang.(Tha)