DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 28 Januari 2019 / 23:16 WIB

Mabesad Laksanakan Upaya Peningkatan Cadangan Beras Bulog

BANTUL, KRJOGJA.com - Dalam pencapaian target serapan gabah pemerintah menunjuk TNI dalam hal ini AD yang telah dituangkan melalui MoU. Demikian juga untuk wilayah Kabupaten Bantul, kodim setempat beserta jajaran menjadi pendamping Dinas Pertanian untuk mengawal maupun pendistribusian pupuk, tanam dan panen padi serta serapan gabah.

Tim Sergab dari Mabes TNI AD yang dipimpin oleh Brigjen TNI Steve berkunjung ke satuan Kodim 0729/Bantul dalam rangka sosialisasi peningkatan cadangan beras dari petani kepada Bulog, Kamis (24/01/2019) lalu. Hadir juga Bulog Drive DIY Drs Unggul, dan Kepala Dinas Pertanian Bantul Ir Pulung.

“Kami mendapat perintah untuk melaksanakan pengawasan serapan gabah atau beras, tujuannya adalah mengetahui kendala yang ada diwilayah untuk dijadikan masukan kepada pimpinan. Pemerintah perlu meningkatkan stok beras dengan cara melakukan cadangan di bulog. Harapan kami adalah bila kami membela negara dengan memikul senjata, maka para petani membela negara dengan menanam padi dan menyelisihkan beras untuk disimpan bulog," kata Perwakilan dari tim Mabesad Kolonel (Czi) Matheus Jangkung.

Dalam kunjungan tersebut, Dandim 0729 Bantul Letkol (Inf) Yuswanto menyampaikan, dalam rangka program sergab di wilayah Kabupaten Bantul sudah terbentuk 75 Gapoktan untuk mempermudah dalam penyerapan beras dari petani ke Bulog. “Namun demikian luas lahan tanam diwilayah bantul banyak perubahan, dari semula kurang lebih 15.000 Ha sekarang menjadi 14.000 Ha, ini dikarenakan beralihnya fungsi sawah menjadi perumahan," jelasnya. (*)