Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 28 Januari 2019 / 15:56 WIB

Mengaku Wartawan, Peras Pengusaha Puluhan Juta Rupiah

SALATIGA, KRJOGJA.com - Alif (29) warga asal Ceulibadak RT.02/RW.05 Tegalmujul, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ditangkap petugas Satreskrim Polres Salatiga. Ia diduga memeras seorang pengusaha warga Salatiga berinisial AR (50). Modusnya ia mengaku wartawan dan mengancam korban akan memberitakan di media masa.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono menjelaskan dugaan pemerasan ini berawal ketika tersangka mengambil foto korban saat menginap di sebuah hotel bersama seorang perempuan yang bukan istrinya. Selanjutnya tersangka mendatangi rumah korban dan mengaku sebagai wartawan sebuah media masa dan menunjukkan kartu pers.

Tersangka menyampaikan kepada korban bahwa dirinya akan memuat foto korban di hotel bersama perempuan yang diduga bukan istrinya di sebuah surat kabar, kalau tidak membayar dan memberikan uang Rp 30 juta. Karena takut, korban memenuhi permintaan tersangka dan memberi uang Rp 30 juta melalui transfer ke rekening yang diberikan tersangka.

Selang beberapa hari tersangka kembali meminta uang Rp 5 juta kepada korban. Korban mengirim uang lagi yang diminta tersangka. “Korban mengirim uang Rp 35 juta kepada tersangka dan merasa diperas. Kasus ini dilaporkan kepada kami dan pelaku berhasil diringkus anggota kami,” tandas AKBP Gatot Hendro Hartono, Senin (28/01/2019).

Menurut kapolres, sejumlah barang bukti disita dan perbuatan tersangka melanggar Pasal 378 KUHPidana dan atau 369 KUHP. Tersangka terancam hukuman maksimal empat tahun penjara. “Tersangka ditahan untuk penyidikan lebih lanjut,” tandasnya. (Sus)