DIY Agregasi    Selasa, 29 Januari 2019 / 18:31 WIB

Kedelai Mampu Kurangi Resiko Penyakit Jantung

YOGYA, KRJOGJA.com -  Ny Harmini salah satu pedagang di pasar Ndelik kompleks Puri Mataram Sleman menyatakan olahan kedelai juga beragam dan bermanfaat bagi kesehatan. Jenis olahan berbahan kedelai, misalnya tahu, tempe dan susu kedelai. Bahkan bisa dibuat sambal, antara lain sambal gepeng dengan cita rasa khas, terutama gurih, asin dan pedas.

“Sambal ini sudah lama dibuat nenek moyang kita, antara lain dipadukan dengan sego atau nasi wiwit. Selain enak juga ada nilai gizinya dan baik untuk kesehatan,” ungkap ibu dua anak yang akrab disapa Bu Har.

Rutin mengkonsumsi olahan berbahan kedelai, diyakini mempunyai khasiat seperti mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes serta gangguan infeksi. Adapun kandungan gizi pada kedelai antara lain protein, lemak, vitamin dan mineral. 
Selain itu susunan asam amino pada kedelai pun lebih lengkap dan seimbang. Semua ini bermanfaat bagi pertumbuhan maupun menjaga kondisi sel-sel tubuh. Termasuk mampu membantu memperlancar BAB. Adapun kandungan lesitin di dalam kedelai, misalnya mendukung kesehatan kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai keluhan kesehatan.

“Makanan tradisional seperti sego wiwit dengan sambal gepeng ditambah ikan gereh-pethek selain enak juga baik untuk kesehatan. Demikian juga dengan nasi pecel yang dipadu sayuran seperti wortel, tauge dan bayam,” tandas Bu Har sembari menyiapkan nasi pecel pesanan konsumen. (*)