Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 27 Januari 2019 / 12:08 WIB

Curah Hujan Tinggi, Empat Kecamatan Tergenang


KENDAL, KRJOGJA.com - Curah hujan yang cukup tinggi dalam dua hari terakhir membuat bebarapa wilayah di Kabupaten Kendal tergenang Minggu (27/1). Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Kendal banjir merendam lima Kelurahan.

Rinciannya Kelurahan Pekauman, Kelurahan Pegulon, Kelurahan Pekauman, Pegulon, Patukangan, Kebondalem dak Langenharjo di Kecamatan kendal kota. Kecamatan Rowosari juga ada 4 Desa yang tergenang diantaranya Desa Gempolsewu, Desa Jatipurwo, Desa Gebanganom dan Desa Rowosari. 

Kecamatan Weleri dua Desa menggenang yaitu Desa Penyangkringan dan desa Sumberagung, sedangkan Kecamatan Patebon terdapat satu desa yaitu Desa Purwokerto. Ketinggian air rata-rata mencapi 50 meter, nanum demikian warga measih memilih untuk bertahan di dalam rumah.

Waluya salah seorang warga Kelurahan Pegulon mengaku jika daerahnya merupakan langanan banjir karena berada di dekat sungak Kendal. "Kami sudah terbiasa dnegan kondisi banjir seperti ini, jika hujan tidak juga reda bisa dipastikan banjir karena sunagi Kendal meluao,"ujar Waluyo.

Warga lain Manto mengatakan hal yang sama, dirinya merasakan jika banjir kali ini cukup tinggi karena biasanya tidak samai masuk ke rumah. "Biasanya hanya sebatas jalan, karena sudah terbiasa dengan banjir rumah warga sudah banyak yang ditinggikan,"ujar Manto. Untuk mengurangi banjir air dipompa kembali ke sungai. (Ung)