DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 27 Januari 2019 / 06:50 WIB

Kesadaran Anggota Akses Koperasi Simpan Pinjam Rendah

SLEMAN, KRJOGJA.com - Kesadaran anggota untuk mengakses koperasi simpan pinjam masih rendah, sehingga dapat menghambat pertumbuhan koperasi. Untuk itu, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten akan memotivasi para anggota supaya ikut membesarkan koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Drs Pustopo, menjelaskan permasalahan yang dihadapi koperasi simpan pinjam ini adalah anggota yang mengakses pinjaman tidak banyak. Sementara koperasi simpan pinjam itu hanya dapat melayani anggotanya saja.

"Mayoritas kesadaran anggota untuk mengakses pinjaman masih rendah. Justru anggota itu meminjam ke perbankan. Tentunya ini akan menghambat perkembangan dari koperasi," jelas Pustopo.

Menurutnya, jumlah koperasi yang aktif di Sleman saat ini sekitar 444 unit. Supaya koperasi terus berkembang dan maju, pihaknya akan memotivasi kepada anggota koperasi simpan pinjam untuk mengakses pinjaman.

"Koperasi itu dari anggota untuk anggota. Kalau semakin banyak yang mengakses, otomatis keuntungan akan semakin besar," ujarnya.

Sedangkan untuk koperasi riil atau bergerak di bidang penyedia barang dan jasa, pihaknya meminta kepada pengurus atau pengelola meningkatkan pelayanan. Dengan harapan keberadaan koperasi mampu bersaing dengan penyedia barang dan jasa lainnya.

"Koperasi riil itu harus profesional karena tidak hanya melayani anggota saja, tapi juga masyarakat umum. Makanya pelayanan harus bagus," imbuhnya. (Sni)