Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 24 Januari 2019 / 13:23 WIB

Lapangan Pancasila Direvitalisasi Rp 22,3 Miliar

SALATIGA, KRJOGJA.com - Lapangan Pancasila Kota Salatiga direvitalisasi untuk menambah kawasan terbuka hijau di Salatiga. Lapangan ini dibangun dengan anggaran Rp 22,3 miliar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Salatiga, Prasetyo Ichtiarto menjelaskan, proyek besar revitalisasi lapangan Pancasila ini masuk alokasi anggaran Penetapan APBD 2019 sebesar Rp 22,3 miliar.

“Semuanya sudah kami persiapkan dengan baik dan  awal tahun ini sudah mulai proses. Langkah revitalisasi lapangan Pancasila ini bertujuan untuk menambah dan mempertahankan Piala Adipura. Kota Salatiga secara berturut-turut mendapatkan penghargaan Adipura tiga kali dari pemerintah. Kami akan mempertahankannya ke depan,” tandas Prasetyo Ichtiarto kepada KRJogja.com, Kamis (24/1).

Selain itu menurutnya, revitalisasi lapangan Pancasila Salatiga ini juga merupakan langkah untuk menambah kawasan terbuka hijau agar mencapai 30 persen di Salatiga ini. “Menambah kawasan terbuka hijau dan menambah point besar untuk bisa mempertahankan Adipura ke depan,” tukasnya.

Berkaitan dengan pelaksanaan proyek besar revitalisasi lapangan Pancasila sebesar Rp 22,3 miliar ini, yang dilaksanakan awal tahun sampai pertengahan tahun 2019 ini, bakal menganggu aktifitas kenegaraan diantaranya Upacara Hari Besar Nasional dan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Salatiga 2019.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga (Dinpora) Salatiga, Sulistyo menjelaskan dengan dibangunnya lapangan Pancasila, Dinpora kebingungan tempat untuk melatih sedikitnya  150 anggota Paskibra Salatiga untuk persiapan peringatan dan upacara Hari Kemerdekaan RI.

“Tentu kami akan kebingungan tempat dan ini masih kami kaji bersama untuk mencari lokasi pelatihan Paskibra Salatiga. Bagaimana ini Pak Walikota solusinya pripun. Dinpora harus bagaimana ini ya?,” tandas Sulistyo pada acara jumpa pers, yang dihadiri Walikota Salatiga, Yuliyanto, Rabu (23/1). (Sus)