Jateng Editor : Ivan Aditya Selasa, 22 Januari 2019 / 15:16 WIB

843 Cakades Ikrar Kedamaian

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 843 calon kepala desa (Cakades) dari 343 desa di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Purworejo menggelar ikrar/deklarasi damai. Mereka berjanji untuk bisa menerima hasil pemilihan kepala desa (Pikades) yang akan digelar secara serentak akhir Januari ini dan menjaga situasi agar tetap kodusif, damai dan aman.

“Paling tidak mereka mampu mengendalikan massanya, apapaun hasil dari Pilkades nanti,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Linmas dan Damkar) Purworejo Budi Wibowo SSos MSi di sela-sela kegiaatan deklarasi di pendapa rumah dinas bupati setempat, Selasa (22/01/2019).

Deklarasi menurut Budi Wibowo, selain diikuti Cakades, juga para Kades yang didesanya akan menggelar Pilkades, ketua DPD, ketua panitia Pilkades serta Muspika masing-masing kecamatan tiga orang, serta panitia tingkat kabupaten.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Purworejo Agus Ary Setiyadi SSos yang didampingi Kabid Kepasitas Kelembagaan Administrasi dan Sistim Informasi Puguh Prihatmoko MH, dari jumlah cakades itu usia paling tinggi 74 tahun dan paling rendah 25 tahun. “Sesuai aturan usia Cakades paling rendah 25 tahun,” katanya.

Cakades ini terdiri dari 737 laki-laki dan 106 perempuan. “Dari data awal jumlah bakal calon (Balon) kades ada 864 orang, namun setelah melalui proses tahapan akhirnya menjadi 843 orang,” jelasnya. (Nar)