Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 21 Januari 2019 / 23:10 WIB

RSGM Soelastri UMS Berdiri, Pelayanan Warga Jadi Tujuan

SOLO, KRJOGJA.com - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (21/1/2019), diresmikan Pengurus Pusat Muhammadiyah Drs Dahlan Rais SU. Ini rumah sakit khusus pertama milik Muhammadiyah yang diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat disamping menjadi pusat pengembangan kedokteran gigi dan mulut.

"Kami punya keinginan ke depan RSGM Soelastri menjadi pusat pengembangan keilmuan kedokteran gigi dan mulut di tanah air," jelas rektor UMS Dr Sofyan Anif MSi. Penditian ini tentu tidak hanya sekedar fasilitas Kedokteran Gigi, tapi juga harus didorong melayani masyarakat.

Dalam pelayanan, Sofyan Anif, tidak ingin semata-mata profit oriented. Ini menjadi salah satu ciri pelayanan Muhammadiyah. Dr Sulastomo, pitra Hj Soelastri mengingatkan petuah KH Ahmad Dahlan: "Hidupilah Muhammadiyah jangan hidup dari Muhammadiyah."

Petuah itulah yang mendorong amal usaha Muhammadiyah berkembang baik di bidang pendidikan maupun kesehatan. "Muhamadiyah boleh kaya, sementara warganya terus selalu ikhlas mengembangkan," tutur Sulastomo. Ia bangga nama ibunya Hj Soelastri diabadikan sebagai nama rumah sakit gigi dan mulut UMS. Ia adalah salah satu tokoh pergerakan Aisyiah di Solo.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, dr Siti Wahyuningsih gembira adanya fasilitas kesehatan baru di bidang gigi dan mulut. Ia berharap kepada pihak pengelola agar segera melakukan kerjasama dengan BPJS Keaehatan. Karena banyak pasien yang membutuhkan pelayanan gigi dan mulut.(Qom)