Wisata Editor : Danar Widiyanto Senin, 21 Januari 2019 / 08:30 WIB

Keindahan Alam Banyak, Pontensi Wisata Selopamioro Terus Dipoles

PEMERINTAH DESA (Pemdes) Selopamioro  Kecamatan Imogiri Bantul terus memoles jalur Sungai Oya sebagai komoditas wisata unggulan di Bantul. Pesona tebing batu yang menjulang disisi kiri dan kanan sungai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  

Kini Pemdes Selopamioro tengah gencar mengembangkan Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) di tepi Sungai Oya Dusun Jetis RT 04.  Berkunjung ke Pujasera menjadi kesempatan untuk menikmati keindahan alam makin leluasa.  Keindahan konsep teras iring layaknya pertanian di Bali bisa anda lihat dari Pujasera sambil menikmati hidangan khas desa. Dibangun dibibir sungai memang bisa memanjakan setiap pengunjung.

"Pujasera merupakan tempat yang menyajikan makanan tradisional serta produk desa," ujar Kasi Pelayanan Desa Selopamioro Imogiri, Danang Kumorojati, Minggu (20/1/2019). 

Danang mengungkapkan, pesona di sepanjang Oya cukup beragam, meski hampir semua berlatar pemandangan alam. Cukup berada di Pujasera jalan selebar kendaraan roda empat akan membawa wisatawan menyambangi perbukitan di sisi timur.  Dibekas jembatan gantung kini tengah di kembangkan objek wisata air dengan sensasi naik perahu. Bahkan paket tersebut cukup diminati wisatawan dari berbagai daerah. 

Tidak hanya itu, paket wisata yang di Kelola Bumdes Desa Selopamioro Devisi Pariwisata terus membuat daya tarik baru. Termasuk membuat gardu pandang yang diproyeksikan bisa dinikmati untuk melihat kelokan sungai Oya dari tebing tinggi.  

Sejauh ini wahana tersebut masih disempurnakan agar wisatawan benar-benar aman ketika naik untuk melihat sungai dari ketinggian. Sementara itu anggota Komisi B DPRD Bantul Suradal memberikan apresiasi Pemdes Selopamioro yang sudah menggali pontensinya untuk dijadikan objek wisata. Tentunya langkah itu orientasinya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum  di kawasan itu. 

“Kabupaten Bantul ini sangat kaya dengan potensi wisatanya, jika digali dan dikelola dengan baik tentu akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya,” ujar Suradal.(Roy)