DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 21 Januari 2019 / 06:10 WIB

Libatkan Banyak Pihak, Bedah Rumah Perdana 2019 Dilaksanakan di Kalibawang

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kulonprogo melakukan Bedah Rumah Perdana di Tahun 2019, Minggu (20/01/2019). Bedah Rumah Swadaya Berbantuan dilakukan di rumah Purnawarman di Pedukuhan Kanoman II RT 07/RW 04 Desa Banjarum Kecamatan Kalibawang, Baznas Kulonprogo memberikan bantuan Rp 15 juta. Bersamaan dengan itu Bank BPD DIY Cabang Wates juga memberikan bantuan uang untuk membedah dua rumah di Gunungkelir Jatimulyo dan Banjararum Kalibawang.

Dikatakan Wakil Ketua IV Baznas Kulonprogo Widiastuti, kegiatan tersebut merupakan bedah rumah yang pertama dilaksanakan Baznas di tahun 2019. Program Bedah Rumah yang diinisiasi oleh bupati ini masih menjadi prioritas/unggulan dalam program Baznas Kulonprogo. "Tahun ini dana yang dikeluarkan untuk kegiatan itu masih tetap sama sebesar Rp 15 juta," ujar Widiastuti. Dalam bedah rumah selain warga, perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan lainnya, dikerahkan pula siswa SMP N I dan 2 Kalibawang untuk membantu kegiatan bedah rumah.

Tahun 2018, dijelaskan Widiastuti, rumah yang sudah dibedah oleh Baznas sebanyak 36. Tahun 2019 ditargetkan juga sejumlah itu, namun bisa bertambah menyesuaikan kondisi yang ada seperti bila ada bencana dan lainnya. Tahun 2018 telah tercapai 36 rumah, karena bersamaan dengan beberapa dari swasta atau komunitas dan Forum CSR juga memberikan bantuan.

"Selain bedah rumah, program lainnya yang masih berkaitan dengan rumah adalah bantuan untuk atap lantai dan dinding (Aladin). Bantuan Aladin ini sudah pula mulai diminati oleh warga, bantuan yang diberikan Rp 5 juta," kata Widi.

Asisten I Setda Kulonprogo H Jumanto SH berharap dengan bantuan dari Baznas, bantuan lainnya, dan swadaya masyarakat, rumah yang dibedah dapat segera menjadi rumah yang layak huni. "Karena sudah dibongkar diharapkan rumah dapat segera dikerjakan secara bergotong royong dan swadaya, sehingga segera dapat selesai," ujar Jumanto.(Rul/Wid)