Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 21 Januari 2019 / 01:11 WIB

Perlu Regenerasi, Setiap Bulan 500 PNS Purworejo Pensiun

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terus berkurang. Sementara penerimaan PNS yang sedianya dapat untuk menutup kekurangan, ternyata tidak sesuai dengan harapan. Jumlah yang lolos pasing gret rendah.

“Setiap bulan PNS kita yang memasuki masa pensiun sekitar 500 orang. Sehingga dari sebelumnya PNS berjumlah sekitar 13.000-an kini tinggal sekitar 7.500, jumlah itu pun terus berkurang,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo Drs Said romadhon, Sabtu (19/1/2019).

Usai upacara pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan pejabat administrator, pengawas, pelaksana, fungsional, dan pengukuhan kepala unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan Pemkab Purworejo di ruang Arahiwang kantor bupati setempat, Said Romadhon menjelaskan, bahwa PNS di lingkungan Pemkab Purworejo idealnya sekitar 10.000 ini disesuaikan dengan jumlah penduduk Purworejo yang kini mencapai sekitar 810.000. “Perbandingannya satu orang PNS itu melayani antara 100 sampai 125 orang,” jelasnya.

Sementara itu jumlah pejabat yang menjalani sumpah janji jabatan sebanyak 159 orang, terdiri dari pejabat eselon III sebanyak 35 orang, pejabat eselon empat 94 orang, pejabat fungsional 11 orang, pejabat pengawas 11 orang, dan kepala UPT dua orang.

Pada kesempatan itu Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM menandaskan, bahwa mutasi jabatan ini telah melalui banyak tahapan, dimana bupati bersama wakil bupati (Wabup) dibantu Sekda dan Baperjakat telah mengamati kinerja Aparatur Sipil Negara. “Terutama yang berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan publik serta pelaksanaan program dan kegiatan di jajaran Pemkab Purworejo,” jelasnya. (Nar)