DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 20 Januari 2019 / 22:10 WIB

Kulonprogo 'Jemput Bola', Perekaman E-KTP di Car Fre Day Dipadati Pendaftar

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Perekaman E-KTP yang diadakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulonprogo di Gazebo Alun-alun Wates (samping barat lapangan tenis) dipadati pendaftar, Minggu (20/01/2019). Jumlah pendaftar hingga ditutup sebanyak 198 orang, dan Disdukcapil menyelesaikannya perekaman hingga selesai.

Dikatakan Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Kulonprogo Drs Wahyu Pujianto, pihaknya bersyukur dan bangga atas atensi dari masyarakat terhadap perekaman e-KTP di Gazebo Alun-alun Wates tersebut. "Bahkan ada yang datang dari Samigaluh. Ini membuat kami senang dan bangga, sebab perkiraan hanya sekitar 20-an orang, ternyata di luar dugaan sampai 198 orang," ujar Wahyu.

Wahyu menjelaskan, dari 198 peserta perekaman, 90 persen-nya merupakan pemula yang berusia 16 hingga 17 tahun. Perekaman bagi yang usianya di atas 16, ketika nanti usianya 17 tahun akan dibuatkan KTP secara langsung. "Bagi yang masih 16 tahun dan ketika sudah berusia 17 tahun nanti akan kita buatkan e-KTP. kita akan SMS, jadi tidak usah setiap saat menanyakan ke dinas, karena pada saatnya akan di SMS Gateway, sehingga tidak perlu bolak balik ke Disdukcapil," kata Wahyu.

Ditambahkan Wahyu, pihaknya melihat banyak potensi yang memanfaatkan kegiatan car free day. Dan ternyata benar, diantara mereka yang berolahraga atau menikmati car free day ada yang belum pernah perekaman e-KTP. Setelah di Alun-alun Wates ini, maka Disdukcapil pekan depan direncanakan akan melakukan perekaman di Desa Hargowilis, setelah itu di Gazebo lagi tetapi dipersiapkan dengan lebih baik, serta di Pasar Wates.(Wid)