Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 20 Januari 2019 / 21:10 WIB

Meski Hujan, CFD di Magelang 'Tebarkan Cinta untuk Indonesia'

MAGELANG, KRJOGJA.com - Ratusan warga banjiri Car Free Day (CFD) di Jalan Soekarno-Hatta Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Minggu (20/01/2019). Yang menarik, meski diguyur hujan cukup deras, namun tidak menyurutkan warga mengikuti CFD yang bertema "Dari Magelang kita tebarkan Cinta untuk Indonesia" itu. Dalam CFD kali ini, juga dideklarasikan Magelang Anti Hoaks, Fitnah dan Sara oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan didampingi Kapolres Magelang, AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Penjabat Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanta dan perwakilan Kodim 0705 Magelang serta Kajari Kabupaten Magelang.

"Semoga melalui kegiatan ini, mampu membuat suasana dan kondisi menjelang Pemilu lebih kondusif. Dengan begitu, Pemilu akan dapat berlangsung aman, nyaman dan tentunya kondusif jauh dari isu-isu sara, kabar bohong, fitnah, kampanye hitam dan tentunya money politik.
Kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus kita gelorakan," kata Ketua Bawaslu RI, Abhan.

Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi kegiatan CFD yang dilakukan dengan cara kolaborasi lintas lembaga yang antara lain oleh Pemkab Magelang, Polres Magelang, Bawaslu, Mafindo, KNPI, Karang Taruna dan PWI Kabupaten Magelang tersebut. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Bagaimana pun, kegiatan untuk memerangi hoaks, fitnah, sara dan money politik menjelang Pemilu 2019, harus dilakukan bersama-sama. Tidak bisa hanya Bawaslu atau pemerintah saja, namun semua pihak," katanya.

Hal senada disampaikan Bupati Magelang yang diwakili Penjabat Sekda Adi Waryanto. "Kami sangat mendukung kegiatan ini. Banyak manfaat yang didapatkan. Diantaranya menyediakan ruang yang sehat dan udara bersih bagi warga. Kemudian memberikan ruang bagi UMKM untuk menjajakan dan mengenalkan produknya, sarana berbaur, menjalin komunikasi dan silaturahmi antara pimpinan daerah dengan masyarakat. Dan yang utama tentunya sebagai sarana untuk mensosialisasikan berbagai informasi. Salah satunya ajakan untuk bersama-sama menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2019," imbuhnya.

Sementara Kapolres Magelang, AKBP Yudianto Adhi Nugroho memanfaatkan kegiatan tersebut untuk perkanalan dirinya yang baru menjabat sekitar dua bulan. Selain itu, pihaknya juga menjadikan kegiatan CFD kemarin untuk mengajak warga ikut mudah terpengaruh akan berita-berita yang belum jelas. Apalagi berbau sara dan fitnah. "Kalau dahulu ada pepatah, mulutmu harimau mu kini jempolmu adalah harimau mu. Intinya adalah jangan mudah terpengaruh akan berita dan informasi terutama di media sosial yang tidak jelas," pungkasnya. (Bag)