Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 20 Januari 2019 / 23:50 WIB

Expo Universitas 2019 Sedot Perhatian Ribuan Pelajar Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Ikatan Mahasiswa Purworejo (IMP) menggelar Expo Universitas 2019 di aula SMK Negeri 1 Purworejo, Sabtu - Minggu (19-20/1/2019). Kegiatan tersebut menyedot perhatian sedikitnya 3.000 pelajar SMA/SMK dan MA Kabupaten Purworejo. 

Expo tersebut diikuti 30 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. "Mahasiswa Purworejo yang kuliah di sana menjadi duta dari 30 perguruan tinggi itu. Mereka mengisi stan layanan bedah jurusan dan bedah fakultas," ujar Humas Expo Universitas 2019 Firda Alpiyanti kepada KRJOGJA.com, Minggu (20/1/2019). 

Panitia juga membuka layanan konsultasi bagi pelajar yang kebingungan menyelaraskan bakat dan minat yang dimiliki. Panitia bekerjasama dengan Rumah Pelayanan Psikologi Sinergi untuk menyediakan tenaga ahli.  

Menurutnya, pameran perguruan tinggi itu merupakan puncak rangkaian Expo Universitas 2019. Sebelumnya, panitia menyelenggarakan parade edukatif expo, donor darah,cek kesehatan gratis dan orasi mahasiswa di Amphiteater Alun-alun Purworejo, awal Januari 2019. "Kami juga selenggarakan talkshow motivasi di Wisma Budaya SMA N 7 Purworejo, 12 Januari kemarin," tutur mahasiswi Sosiologi UGM itu. 

Ketua Panitia Expo Universitas 2019 Ilham Wahyu menambahkan, acara bertujuan memberi gambaran pelajar kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Menurutnya, pelajar kerap menghadapi kendala ketika menentukan arah pendidikannya. 

Kondisi itu, lanjutnya, karena kurangnya informasi perguruan tinggi dan pelajar masih bingung dengan bakat dan minat yang dimiliki. "Karena itu butuh semacam wadah konseling bagi adik adik pelajar, supaya mendapat pengetahuan yang cukup tentang perguruan tinggi. Berkait dengan tujuan cita cita hidupnya " ungkapnya. 

Sementara itu, pelajar pengunjung expo Ahya mengatakan, pameran membantunya dalam merancang arah pendidikan setelah lulus SMA. "Saya dan pelajar lain sangat terbantu, harapan kami acara serupa diselenggarakan terus secara rutin," tandasnya.(Jas)