DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 21 Januari 2019 / 00:11 WIB

Bentuk Posbindu, Gandung Komitmen Jaga Kesehatan Remaja

BANTUL, KRJOGJA.com - Berbagai terobosan ditempuh untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Babadan Desa Bantul Kecamatan Bantul. Kesehatan punya peranan sangat strategis dalam melakukan pembangunan disemua sendi kehidupan masyarakat. Untuk mencapai taget itu,  masyarakat harus didorong selalu menjaga pola hidup sehat.

“Di wilayah Babadan ini sudah ada Posyandu dengan sasaran anak dan lansia, tetapi terobosan yang kami buat dengan melucurkan program Pos  Pembinaan Terpadu (Posbindu)  khusus untuk remaja,” ujar Ketua Gebyar Gerakan Sadar  Penyakit Tidak Menular (PTM)  dan peluncuran Posbindu Kuwiran, Mundon dan Jonggrangan (KMJ) Dusun  Babadan Bantul Eko Purwanto , Minggu (20/1/2019).  Dalam acara itu juga dihadiri anggota Komisi VII DPR RI, Drs HM Gandung Pardiman MM,  Bupati Banutul Drs H Suharsono diwakili Sunarso SH MM, Lurah Desa Bantul Supriyadi  serta tokoh masyarakat.

Eko Purwanto mengatakan,  sebelumnya memang sudah ada Posyandu di Babadan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak dan lansia.    Tetapi  setelah melihat kondisi sekarang ini sangat diperlukan adanya Posbindu dengan fokus pemeriksaan kesehatan bagi remaja.   Sebelumnya  memang sudah beberapa kali dilakukan sosialisasi bahaya narkoba hingga minuman keras bagi pemuda. ”Kami punya komitmen untuk menjaga kesehatan remaja sehingga disepakati untuk mendirikan Posbindu,” ujar Eko.

Dalam program Posbindu itu rencanannya akan dijalankan setiap bulan sekali. Dengan pengecekan kesehatan itu paling tidak, pola hidup remaja bebas dari pengaruh kegiatan negatif. “Pola hidup sehat itu bisa dimulai dari berat badan  tinggi badan. Kami sudah sepakat untuk melundungi remaja tetap hidup bebas dari bahaya narkoba,” jelasnya.  Sementara itu  Babadan meliputi wilayah Kuwiran, Mundon, Jonggrangan serta  Menden.

Sementara itu  Gandung Pardiman mengatakan,  sesuai dengan komitmennya ingin  menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan. Oleh karena itu pemuda sebagai aset masa depan harus dijaga dari segala pengaruh yang mengganggu kesehatan. Politisi Partai Golkar ini  mengatakan, sebagai wakil rakyat punya komitmen tidak akan mengecewakan rakyat. Pihaknya juga mendukung sepenuhnya dengan pembangunan Posbindu bagi remaja itu.(Roy)