Jateng Editor : Ivan Aditya Minggu, 20 Januari 2019 / 03:19 WIB

Wujudkan Adiwiyata Mandiri, Siswa Diajak Puasa Plastik

KLATEN, KRJOGJA.com - SMPN 1 Jogonalan Klaten menerapkan puasa plastik bagi siswa dan tenaga pendidik guna mendukung sekolah sebagai Adiwiyata Nasional Mandiri Tahun 2019. Puasa plastik sebagai komitmen sekolah mengurangi sampah plastik.

Kepala SMPN 1 Jogonalan, Endah Sulistyowati, mengatakan, sebagai sekolah Adiwiyata Nasional Mandiri, pihaknya berkomitmen membentuk budaya Adiwiyata. Selain itu juga menjadi virus Adiwiyata dengan menyebarkannya ke sekolah lain. Pihaknya telah menggandeng beberapa sekolah untuk pengembangannya.

"Kami akan mengambil Adiwiyata Nasional Mandiri Tahun 2019, maka budaya sekolah tentang Adiwiyata kami tumbuhkan, salah satunya dengan puasa plastik. Mulai Januari, kami meminta siswa membawa bekal dari rumah seperti makanan dan minuman. Bagi siswa yang ingin jajan di sekolah juga harus membawa wadah untuk tempat jajanan," ujar Endah disela kegiatan, Sabtu (19/01/2019).

Tak hanya bagi siswanya, puasa plastik juga berlaku untuk tenaga pendidik di lingkungan sekolah. Salah satunya, sekolah menyiapkan perabot tempat makan dan minum non plastik. Program pendukung lainnya yakni kegiatan bersih lingkungan salah satunya membersihkan sungai di sekitar sekolah, serta anti vandalisme. (Lia)