DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 19 Januari 2019 / 23:38 WIB

Satpol PP Sita Reklame Ilegal

SLEMAN, KRJOGJA.com - Satpol PP Sleman menyita ratusan reklame ilegal yang dipasang di beberapa titik. Kebanyakan reklame ilegal tersebut dipasang di fasilitas umum seperti tiang telpon, tiang listrik, median jalan, tiang rambu-rambu lalu lintas.

Kasi Ops Trantib Satpol PP Sleman, Sri Madu Rakyanto SSos, Jumat (18/1), menjelaskan razia itu untuk menegakkan Perda No 13.1 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan reklame. Dalam kegiatan itu Satpol PP telah berhasil menyita sekitar 639 reklame ilegal.

"Penertiban reklame ilegal ini dilaksanakan di wilayah Ngaglik, Depok, Gamping, Godean dan Sleman. Ternyata kami berhasil menurunkan ratusan reklame ilegal," ungkap Sri Madu.

Mayoritas reklame ilegal dipasang di pohon, tiang listrik, rambu-rambu lalu lintas maupun membentang di jalan. Sebenarnya kegiatan operasi reklame ilegal sudah sering dilakukan, namun ternyata masih cukup banyak ditemukan.

"Reklame yang dipasang di rambu-rambu lalu lintas ini sering menjadi keluhan dari masyarakat. Karena menutupi rambu-rambu lalu lintas seperti traffic light," ujarnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat yang memasang rekleme sesuai aturan masih rendah. Hal itu terbukti selang beberapa hari dilakukan razia, ternyata kembali dipasang lagi oleh masyarakat.

"Ini perlu peningkatan pengawasan terhadap masyarakat yang memasang reklame melanggar aturan. Soalnya setelah kami tertibkan, keesokan harinya kadang dipasang lagi," ucapnya. (Sni)