Jateng Editor : Agus Sigit Sabtu, 19 Januari 2019 / 15:06 WIB

Muncul Aroma Menyengat, Tim Mandiri Kembali Telusuri Jejak Alvi di Lawu

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Pencarian terhadap pendaki pemula asal Magelang, Alvi Kurniawan (20) kembali berlanjut. Usai lebih dari dua pekan tak terlacak, kini muncul petunjuk baru berupa aroma menyengat di sekitar pos 4 pendakian. 

Guna memudahkan pencarian bersumber aroma, tim pencarian mandiri dari sukarelawan, keluarga Alvi dan personel SAR meminta bantuan Polres Karanganyar untuk menerjunkan anjing pelacak. Anjing milik Polres Karanganyar ini diandalkan menemukan sumber bau mencurigakan di seputaran pos IV. 

Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi menyetujui permintaan itu dan mensuport dengan menerjunkan anggotanya. Jumlah tim mandiri pencarian tidak sebanyak regu gabungan saat pencarian awal sepekan lalu. Pada pencarian kali ini, personel difokuskan mengikuti pergerakan anjing pelacak.

"Satu ekor anjing pelacak jenis Jack Milenais serta satu tim Polres berjumlah tujuh orang dibantu relawan, sudah disiapkan naik lagi mencari ke sumber bau," kata Kasat Sabhara Polres Karanganyar, AKP Suryono kepada KR, Sabtu (19/1). 

Operasi pencarian mandiri selama dua hari belum berhasil menjangkau lokasi sumber bau menyengat di pos 4. Suryono mengatakan, tim gabungan dihantam cuaca buruk berupa hujan dan badai. Mereka naik dari Posko Cemoro Sewu, Magetan, Jatim untuk memudahkan evakuasi survivor.

"Bertahan di pos 2. Belum bisa naik lagi karena enggak memungkinkan. Hujan dan badai. Kabut tebal. Saat cuaca memungkinkan, akan dilanjutkan pencariannya," katanya. 

Seperti diberitakan, hingga hari ke tujuh pencarian Alvi Kurniawan (20), warga desa Mejing, Candi Mulyo, Magelang yang hilang di gunung Lawu itu belum berhasil ditemukan sejak dilaporkan menghilang pada malam tahun baru. Personel SAR gabungan melakukan pencarian sesuai SOP, namun tak menemukan sedikitpun jejaknya. Akhirnya tim SAR gabungan secara resmi menghentikan proses pencarian, Selasa (9/1) malam dan diganti operasi pemantauan. (Lim)