DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 19 Januari 2019 / 14:04 WIB

Jogja Promosi Potensi Wisata di Finlandia

YOGYA, KRJOGJA.com - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mengikuti kegiatan  Matka Nordic Travel Fair 2019 di Helzhinki Finlandia yang diselenggarakan tanggal Kamis (17/1) hingga Minggu (20/1) besok. Dalam acara yang diadakan di Gedung Messeukes, Helzhinki, Finlandia ini, Pemda DIY mengirimkan rombongan yang terdiri, pelaku industri pariwisata, tim kesenian, Kadin dan Badan Promosi Pariwsata.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo SH MEd mengatakan, dalam acara ini pihaknya juga menghadirkan produk dan paket wisata yang ada di DIY. Juga menampilkan hasil kerajinan berupa industri kulit, batik dan produk makanan. Khusus untuk makanan tradisional, Pemda DIY menampilkan Bakpia BW serta makanan tradisional lainnya. 

Menempati booth nomor 7m13, dengan luas 20 meter persegi, Pemda DIY menampilkan aneka potensi destinasi wisata. Seperti Candi Prambanan,  Kraton dan Gunung Merapi.  Juga menampilkan promosi tentang bandara baru NYIA dan menyajikan Kopi Merapi yangg dihadirkan oleh Gaia Cosmo," papar Singgih Raharjo SH MEd dalam siaran persnya kepada <I>KR<P>, Jumat (18/1).

Turut hadir pada pembukaan Matka Nordic Travel Fair 2019, Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan Kepala Dinas Perijinan dan Penanaman Modal DIY (DPPM). Pada hari pertama pembukaan Matka Nordic (17/1),  di Panggung Inspiration dihadiri semua perwakilan dari peserta Travel Mart. Peserta dari DIY dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan GKR Hemas, Ketua Kadin, Kepala Dispar, Disperindag, Kadisbud DIY dan Badan Promosi Pariwisata DIY.

"Saat pembukaan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Helzhinki menyelengarakan resepsi di Booth Pemda DIY dan Kementerian Pariwisata dengan menjamu para buyers yang terdiri tour operators dan airlines," tandas Singgih Raharjo.
Sultan menambahkan, ikut berpartisipasi pada Matka Nordic Travel Fair ini, bertujuan agar lebih memperkenalkan budaya dan pariwsata DIY. Serta keberadaan bandara baru NYIA yang akan dibuka pada bulan April 2019. "Direct flight dengan akses penerbangan international dari banyak negara ke Yogyakarta. Saya harap tour operator serta airlines yang hadir pada resepsi tersebut dapat melakukan kerjasama membuka jalur penerbangan dari banyak negara ke Yogyakarta dan menjadikan Yogyakarta semakin terkenal," ungkap Sultan. (R-2)