Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Jumat, 18 Januari 2019 / 23:50 WIB

Berfikir Modern, Mahasiswa Polbangtan Yoma Praktek Proses Panen

YOGYA, KRJOGJA.com - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang, kembali melakukan praktek lapangan materi perkuliahan. Selain praktek mengolah, menanam, serta merawat lahan pertanian, kali ini mahasiswa Polbangtan melakukan praktek di proses panen.

Mahasiswa tingkat 1 program studi Teknologi Benih, mempraktekkan secara langsung penggunaan salah satu alat mesin pertanian yaitu Combine Harvester atau mesin panen padi. Kegiatan panen yang dulunya masih dilakukan secara manual oleh petani, di zaman ini dapat dilakukan secara otomatis dan lebih simple. Teknologi pertanian yang semakin maju, sangat membantu petani dalam aktifitas pertanian.

Selain itu, dapat memotivasi dan menarik orang lain untuk ikut terjun di bidang pertanian, walaupun dari hal-hal terkecil. Begitu juga mahasiswa Polbangtan yang bertekad menjadi pejuang pangan bangsa, selalu bersemangat dalam melakukan segala hal.

Saat praktek penggunaan alat mesin panen ini, mahasiswa dengan seksama mendengar pengarahan dari  dosen mata kuliah Alat dan Mesin Pertanian, Agus Wartapa SP.MP. "Setiap mahasiswa nanti harus mencoba semua, agar tahu cara pengoperasiannya. Agar nanti di semester selanjutnya, bisa mengoperasikan tidak keteteran. Tidak keteteran dan memalukan dalam penggunaan alsintan secara langsung," ujar Agus.

Hal ini juga sesuai dengan sistem pendidikan di Polbangtan yang berbasis pendidikan vokasi, yang menghasilkan lulusan yang berkompeten dibidang pertanian.

"Luar biasa, apabila di negara ini para generasinya memiliki semangat kuat seperti mahasiswa polbangtan yang bertekad untuk menjaga keutuhan NKRI melalui pangan," tambah Agus.(*)