Jateng Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 19 Januari 2019 / 01:50 WIB

Mal Pelayanan Publik Kedua di Jawa Dibuka di Purwokerto

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas di Jalan dr Angka Purwokerto yang merupakan  MPP kedua di Jawa, dan pertama di Jawa Tengah, Jumat (18/1/2018) sore diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokerasi (Menpan RB), Syafruddin.

"Saya sangat mengapresiasi Bupati Banyumas yang membangun MPP dengan progresif yang pertama di Jateng," kata Menpan Syafruddin. Menurutnya setelah dilakukan peninjauan MPP Banyumas cukup bagus dan tinggal dipoles sehingga kebutuhan pelayanan publik akan terpenuhi tidak hanya untuk masyarakat Kabupaten Banyumas tapi kabupaten sekitarnya.

Menurutnya MPP Kabupaten Banyumas merupakan yang ke 12 di Indonesia, kedua di Jawa setelah Jawa Timur dan pertama di Jawa Tengah. Bahkan ia merefrensi MPP Banyumas untuk ditinjau presiden

Ketika disinggung dengan evaluasi pelayananan di MPP, Menpan menjelaskan, sangat efisien, efektif baik biaya maupun waktu karena masyarakat tidak perlu kemana mana, dan hanya dua jam bisa terlayani, dan memberikan kepuasan kepada publik.

Sementara Bupati Banyumas Achmad Huasein, menjelaskan MPP Kabupaten Banyumas  memberikan 103 jenis pelayanan  publik yang melibatkan 7 instansi vertikal, gerai Provinsi Jawa Tengah,  10 perangkat daerah Kabupaten Banyumas.

"Untuk instansi vertikal ada 19 layanan, yakni Polres Banyumas 4 layanan, Imigrasi 2 layanan, BP3TKI 4 layanan,KPP Pratama 2 layanan, BPJS Kesehatan 2 layanan, BPJS Ketanagekerjaan 4 layanan, dan Bank Jateng 1 layanan," ungkapnya.

Sedang gerai Provinsi Jawa Tengah ada 6 layanan, Perangkat Daerah Kabupaten Banyumas ada sebanyak 78 layanan.

Koordinator MPP Kabupaten Banyumas, Herni Sulastri, menambahkan sejak  diujicoba 27 Desember lalu hingga  awal tahun ini sudah  memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat sebanyak 4.200 pelayanan.  

Dalam sehari rata-rata tertinggi ada 430 pemohon yang dilayani.Pemohon pelayanan kebanyakan yang terkait pelayanan dari pemkab di DPMPPTSP, pelayanan SIM dan kartu kuning. Pelayanan yang paling cepat dilayani dalam ukuran jam, yakni izin reklame dan keramaian insidental, SIM dan Kartu Kuning.(Dri)