Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 18 Januari 2019 / 11:50 WIB

KNPI Usulkan Perlindungan Satwa Langka

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Kalangan organisasi kepemudaan di Karanganyar mengusulkan regulasi perburuan liar dalam konsultasi publik mengenai penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023. 

Antisipasi serangan macan tutul ke perkampungan penduduk beberapa waktu lalu, perlu disikapi serius. Hal itu disampaikan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karanganyar, Aan Sophuanudin, Jumat (18/01/2018). 

Menurutnya, perlindungan satwa langka dan kearifan lokal penduduk desa hutan penting dibahas dalam rencana pembangunan daerah. "Perburuan liar diduga menjadi penyebab macan tutul menyerang perkampungan penduduk. Yang dibantai itu ternaknya. Tapi, apakah ada jaminan serangannya tidak beralih ke manusia selama masih dilakukan aktivitas ilegal perburuan satwa langka itu? Terkait masalah perburuan, kami sudah melakukan hearing ke DPRD,” kata Aan.

Persoalan serupa disampaikannya ke forum konsultasi publik RPJMD 2018-2023 di Taman Sari Hotel pada Kamis (17/1). Dalam forum tersebut, Pemkab membuka ruang konsultasi dengan mengundang pimpinan OPD, ormas, dan tokoh masyarakat. Ia bersama komunitas pencinta lingkungan dan kepemudaan tengah menyusun usulan secara sistematif ke Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang).

Selain mengusulkannya, Aan juga mendorong peran aktif pemerintah dalam menstimulasi kepentingan kepemudaan. Menurutnya, hal itu tak cukup dengan hanya dilandasi aturan hukum perda.   

Sementara itu Kepala Baperlitbang Karanganyar, Muh Indrawanto mengatakan konsultasi publik merupakan salah satu tahapan menyusun materi RPJMD. Seluruh masukan akan dibahas bersama seluruh komisi di DPRD. (Lim)