DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 18 Januari 2019 / 10:28 WIB

Kesulitan Ekonomi, Mahasiswi UNY Asal Gunungkidul Ini Terancam ’Drop Out’

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Sasrani Nurhayati baru menempuh satu semester kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Menjelang akhir sementer lalu, banyak menghadapi kesulitan ekonomi.

Pada awalnya putri pasangan Marseno dengan Atim Suparyati, penduduk Kayuwalang RT 01/RW 07, Wiladeg Karangmojo itu kos di Yogyakarta dengan sewa Rp 400.000 sebulan. Pada pertengahan semester sudah tidak lagi mampu membayar sewa kontrakan. Sejak itu dia ‘nglaju’ setiap hari (pulang pergi dari rumah ke kampus).

”Sekarang ini saya tidak mampu membayar uang kuliah semester II yang ditetapkan UNY sebesar Rp 3,145 juta,” kata Sasrini Nurhayati yang didampingi aktivis sosial Nurdiyanto SPd di Kantor Sub Biro KR Wonosari, Kamis (17/01/2019) kemarin.

Salah satu faktor menurunnya kemampuan daya bayar, karena kesehatan ayahnya menurun. Sehingga tidak lagi dapat melakukan kegiatan yang menghasilkan. Pendapatan keluarga tidak menentu.

Ibunya yang bekerja serabutan tidak mungkin menyisakan uang untuk semesteran. Dua saudaranya sudah berkeluarga dan tidak lagi dapat membantu biaya kuliahnya. ”Saya datang di Kantor KR ini agar dapat dibantu untuk mendapatkan orang tua asuh atau minimal dapat mengatasi kesulitan uang semester yang paling lambat dibayar tanggal 25 Januari ini,” ujarnya.

Bagi yang akan membantu dapat menghubungi Sub Biro KR Wonosari nomor 081328 453444 atau langsung ke alamat Sasrini atau nomor telepon 085747488401. (Ewi)