Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 17 Januari 2019 / 19:05 WIB

Relawan Demokrasi Spesimen Surat Suara

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung membekali relawan demokrasi dengan spisemen surat suara (Susu) Pemilu 2019. Spesimen itu sebagai bahan sosialisasi pada warga agar mengenal surat suara dan cara mencoblos yang benar.

"Spesimen surat suara diperlukan dalam sosialisasi terutama simulasi mencoblos. Jadi relawan demokrasi dibekali surat suara," kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung Muhammad Yusuf Hasyim, Kamis (17/1).

Dia mengatakan relawan demokrasi juga akan dibekali sejumlah peralatan dan perlengkapan di TPS saat pemungutan suara, yang diantaranya bilik suara dan kotak suara yang berbahan dublek.

Bagi perwakilan komunitas kaum defable atau disabilitas netra, katanya akan dibekali tamplate, namun yang perlu diketahui sejauh ini tamplate hanya untuk pemilihan presiden dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sebelum terjun ke masyarakat, ujarnya, sekitar 55 relawan demokrasi yang terpilih dan dilantik Kamis (17/1/2019) akan mendapat pembekalan mengenai kepemiluan dari KPU. Pembekalan diperlukan untuk memperdalam pengetahuan tentang kepemiluan, terutama pencoblosan sehingga dapat menjelaskan pada masyarakat.

Komisisoner KPU Kabupaten Temanggung, Henry Sofyan Rois menambahkan relawan demokrasi untuk membantu KPU dalam sosialisasi pada masyarakat. Mereka berusia minimal 17 tahun pada saat mendaftar, khusus untuk relawan pemilih pemula maksimal berusia 25 tahun. 

Pendidikan minimal SLTA, nonpartisan sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir tidak menjadi anggota partai politik. (Osy)