Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 17 Januari 2019 / 15:44 WIB

Kerusakan Banjir Lebih Parah

KEBUMEN KRJOGJA.com - Kerusakan sungai dan bangunan irigasi yang terdampak banjir di puluhan desa 12 kecamatan di Kebumen, Rabu (16/01/2019) dinihari hingga Kamis (17/01/2019) pagi diprediksilebih parah dibanding dampak banjir tahun lalu.

"Dilihat dari jumlah lokasi maupun tingkat kerusakannya, dampak banjir kali ini  lebih parah dibanding dampak banjir tahun lalu. Bila tahun lalu lokasi kerusakan hanya di 5 titik, maka kali ini puluhan titik," ujar Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kebumen, Supangat SSos, di tanggul  rusak Sungai Jatinegara Desa Purbowangi Kecamatan Buayan Kebumen, Kamis 
(17/01/2019).

Kerusakan akibat banjir tahun 2017 lalu tercatat di 5 titik berupa tanggul jebol di Sungai Kedungbener, Karanganyar, Kethek dan Kemit. Sedangkan pada banjir Rabu dan Kamis meliputi tanggul jebol, tebing sungai longsor dan kerusakan bangunan  irigasi di puluhan titik.

"Diantaranya pada Saluran Induk (SI) Sempor Barat, SI Sempor Timur, SI Wungu, tanggul Sungai Kedungbener di Desa Sawangan Kecamatan Alian, tanggul Sungai Kemit  Desa Arjosari Kecamatan Adimulyo, tanggul Sungai Jatinegara Desa Jogomulyo Kecamatan  Buayan, longsornya tebing Sungai Kethek di Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo dan masih banyak lagi lainnya," ujar Supangat.

Selain akibat kerusakan bangunan irigasi dan sungai, tipe luapan air sungai ke  berbagai area di sekitarnya pada banjir kali ini menurut Supangat didominasi oleh limpasan atau luberan air sungai akibat sungai tak mampu menampung debit air yang berlimpah. (Dwi)