Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 17 Januari 2019 / 16:10 WIB

Akses Semakin Mudah, Garuda Buka Rute Solo - Madinah

SOLO, KRJOGJA.com - Maskapai Penerbagan Garuda Indonesia membuka jalur baru rute Solo - Madinah via Banda Aceh, menggunakan pesawat berbadan lebar jenis Airbus A-330-330E. Saat melakukan penerbangan perdana dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Adi Soemarmo Solo Rabu (16/1/2019), pesawat berkapasitas 360 seat itu membawa 230 penumpang, dan ketika transit di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, bertambah dengan 69 penumpang, hingga total 299 penumpang dengan tujuan Madinah.

General Manager PT Garuda Indonesia perwakilan Solo, Hendrawan, menjawab wartawan, usai penerbangan perdana di ruang tuggu Bandara Adi Soemarmo, Rabu (16/1/2019) mengungkapkan, penerbangan bernomor GA 968 ini dijadwalkan menapaki rute Solo - madinah secara reguler setiap hari Rabu. Pesawat diberangkatkan dari Solo pada pukul 16.45 WIB dan tiba di Madinah keesokan harinya pukul 02.05 LT. Sedangkan untuk penerbangan dari madinah ke Solo, akan dilayani pukul 04.05 Lt dengan pesawat yang sama dan tiba di Solo pukul 20.30 WIB.

Pembukaan rute penerbangan baru ke Madinah tersebut, menurutnya, lebih diarahkan untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menjalankan ibadah umrah, selain pula mengakomodasikan kalangan wisatawan. Potensi juemaah umroh dari Solo dan sekitarnya, cukup tinggi, dan selama ini mereka terbang ke tanah suci melalui sejumlah bandara, diantaranya Jakarta ataupun Surabaya, bahkan Malaysia.

Sebagai gambaran disebutkan, pada tahun 2018 lalu, jamaah umroh dri Solo dan sekitarnya, mencapai 25 ribu orang, atau naik sekitar 6 ribu dibanding tahun sebelumnya yang tercatat 19 ribu orang. Dalam beberapa tahun ke depan, jumlah jemaah Umroh diyakini akan terus menaik, terkait daftar tunggu jemaah haji reguler semakin panjang, selain pula penyediaan fasilitas penerbangan langsung dari Solo. Kemudahan tersebut, ditunjang pula dengan infrastruktur jalan Tol Trans Jawa, hingga akses perjalanan dari sejumlah kota di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) ke Solo relatif mudah dan cepat.

Hingga saat ini Garuda Indonesia telah melayani penerbangan langsung ke Madinah melaluiempat bandara, masing-masing Jakarta, Makasar, Medan dan Surabaya. "Sekarang bertambah satu lagi melalui Bandara Adi Soemarmo Solo yang diarahkan untuk mengakomodasikan jemaah umor dari berbagai kota di Jateng dan sebaian Jatim, serta Yogyakarta. Jika dalam penerbangan perdana jumlah penumpang mencapai 299 orang dari kapasitas 360 seat, pada penerbangan kedua Rabu (23/1/2019) depan, 66 persen dari kapasitas telah dibooking sejumlah biro perjalanan umroh.(Hut)