Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 16 Januari 2019 / 21:32 WIB

OJK Resmi Terbitkan DP Nol Persen

JAKARTA, KRJOGJA.com - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) mengeluarkan aturan tentang perusahaan  pembiayaan (PP) khusus kendaraan bermotor yang akan memberikan  ketentuan uang muka 0 persen. Pemberian uang muka 0 persen ini hanya berlaku bagi perusahaan pembiayaan yang sehat dan nilai Rasio Non Performing Financing (NPF) Neto nya harus di bawah 1 persen.

“Ketentuan uang muka 0 persen ini sangat selektif karena hanya berlaku bagi perusahaan pembiayaan yang sehat dan NPF nya di bawah 1 persen dan diberikan untuk calon debitur yang memiliki profil risiko sangat baik, “ kata  Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2, OJK  Bambang W. Budiawan, di Jakarta,  Rabu (16/1).

Menurut Bambang kebijakan ini tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) No.35 / POJ K.05/ 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan yang diharapkan bisa mendorong pertumbuhan industri Pembiayaan dan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi. 

Bambang menjelaskan POJK yang merupakan perbaikan dari POJK sebelumnya ini diterbitkan juga untuk meningkatkan peranan perusahaan pembiayaan dalam perekonomian nasional serta meningkatkan pengaturan prudensial, dan meningkatkan perlindungan konsumen. "Ketentuan DP 0 persen ini juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan alternatif transportasi yang sesuai kemampuannya," ungkap Bambang.

Bambang menambahkan ketentuan uang muka 0 persen  untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.  "OJK berharap dengan uang muka 0 persen ini lebih digunakan untuk sektor produktif dibandingkan di sektor konsumtif. Misalnya untuk kendaraan yang mengangkut orang,  barang atau alat berat,” tegasnya. (Lmg)