DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 16 Januari 2019 / 16:36 WIB

Penyelenggara Pemilu Harus Miliki Kapasitas Memadai

YOGYA, KRJOGJA.com - DPRD Kota Yogya mendorong pelaksanaan Pemilu 2019 semakin berintegritas. Oleh karena itu, penyelenggara pemilu mulai dari tingkat kota hingga kelurahan harus memiliki kapasitas yang memadai, berikut lembaga pengawasnya.

Anggota Komisi A DPRD Kota Yogya Yustinus Kelik Mulyono, mengungkapkan sebagai mitra kerja di bidang pemerintahan pihaknya memiliki tanggung jawab untuk menciptakan pemilu yang berintegritas. "Paling tidak, hasil evaluasi pelaksanaan pemilu terakhir menjadi pijakan yang berharga. Jangan sampai persoalan sebelumnya kembali terjadi pada Pemilu 2019," urainya.

Pemilu terakhir yang dimaksud, imbuh Kelik, ialah Pemilukada Kota Yogya 2016 lalu. Kala itu sempat terjadi persoalan teknis di tingkat bawah ketika proses rekapitulasi suara. Ada beberapa kecamatan yang bersedia membuka kotak suara untuk penghitungan ulang, sebaliknya ada sebagian yang menolak. Sehingga saat proses rekapitulasi di tingkat kota, perbedaan persepsi mengenai pembukaan kotak suara masih berlanjut dan berlarut-larut.

Mengingat Pemilu 2019 merupakan pertama kalinya pemilu serentak dengan lima surat suara sekaligus, maka potensi permasalahan menjadi meningkat. Jika tidak ada persamaan persepsi dari pihak penyelenggara, bukan tidak mungkin persoalan teknis yang menyangkut integritas pemilu kembali terjadi.

"Intinya, sejak sekarang seharusnya kapasitas penyelenggara sudah diperkuat. Minimal ada bimbingan teknis bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS)," imbuh Kelik.

Disamping menyangkut kapasitas penyelenggara, potensi permasalahan yang harus diwaspadai ialah hak pilih bagi mahasiswa luar daerah yang hendak menggunakan suaranya di Kota Yogya. Hal ini lantaran cadangan surat suara di tiap TPS hanya dua persen, sementara potensi pemilih tambahan cukup tinggi.

Kelik menambahkan, terkait berbagai potensi permasalahan tersebut pihaknya sudah menyampaikan ke pihak KPU maupun Bawaslu Kota Yogya. "Pekan lalu kami sudah mengundang jajaran komisioner KPU maupun Bawaslu secara terpisah. Mendekati pemungutan suara, kami juga akan memastikan kesiapan pihak penyelenggara maupun pengawas," tandasnya. (Dhi)