DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 16 Januari 2019 / 14:33 WIB

Siswa Jangan Dibebani Jelang UN

YOGYA, KRJOGJA.com - Menjelang Ujian Nasional (UN) SMP, 22-26 April, orangtua siswa kelas 9 SMP, diminta jangan memberi beban yang berat pada anaknya dengan memaksa, menjejali berbagai les maupun kursus di luar sekolah yang justru melelahkan. Sebab sekolah juga sudah cukup memberikan pelajaran tambahan, sehingga sepulang sekolah sore anak sudah capek dan supaya diberi pendampingan saja.

"Anak jangan dimarahi jika hasil tes-tes kurang memuaskan, didampingi dan diberi motivasi supaya terus semangat hingga UN nanti," papar Kepala SMPN 1 Yogya, Dra Y Niken Sasanti MPd.

Lebih lanjut Niken menyebutkan godaan hape/internet juga harus diminimalisir, termasuk pergaulan dengan teman di luar sekolahnya. "Jangan sampai anak kecanduan game, chat di hape dan lupa belajar, manfaatkan untuk internet yang baik mendukung belajar. Demikian pula orangtua jangan terlambat menjemput anak hingga lepas maghrib karena selain anak menjadi lelah juga berisiko, dengan kejadian klithih yang harus kita waspadai bersama termasuk pergaulan anak," ucap Niken.b