Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 16 Januari 2019 / 14:59 WIB

Sempat Ditutup Karena Cuaca Buruk, Pendakian Merbabu Kembali Dibuka

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Setelah ditutup sekitar dua pekan karena cuaca buruk, pendakian Gunung Merbabu akhinya mulai dibuka kembali untuk umum. 

"Pendakian Gunung Merbabu sudah mulai dibuka hari ini," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Edy Sutiyarto, Rabu (16/1/2019).  

Sebelumnya sejak 30 Desember lalu, seluruh pintu jalur pendakian Gunung Merbabu yang tersebar di tiga wilayah, yakni Boyolali, Magelang, dan Kabupaten Semarang, ditutup akibat cuaca buruk di kawasan Gunung Merbabu. Dikhawatirkan jika ada aktivitas pendakian, kondisi cuaca ekstrem tersebut akan membahayakan para pendaki.  

Menurut Edy, pembukaan kembali jalur pendakian karena cuaca di kawasan Merbabu sudah terlalu ekstrem sebagaimana terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Berdasar pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca sudah cukup kondusif untuk aktivitas pendakian. 

Pasca pembukaan jalur, ia mengimbau kepada para pendaki yang hendak naik Merbabu untuk mempersiapkan segala sesuatunya secara matang, baik jasmani, rohani, serta peralatan. Segala aturan yang ditetapkan selama pendakian juga harus dipatuhi. 

Novi (29), salah satu pendaki asal Sragen mengatakan, saat momentum malam tahun baru lalu, cukup banyak pendaki yang hendak merayakan di puncak Merbabu. Namun di tengah jalan, niat tersebut diurungkan karena ternyata jalur pendakian ditutup akibat cuaca buruk. "Kemarin saat malam tahun baru banyak pendaki yang kecele, karena penutupan jalur cukup mepet dengan jadwal pendakian yang mengincar sampai puncak saat malam pergantian tahun," katanya.

Karena ditutup, banyak pendaki yang pindah mencari gunung lain seperti Sindoro atau Sumbing, sementara ia sendiri urung mendaki dan memilih pulang. (Gal)