DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 16 Januari 2019 / 04:19 WIB

Jembatan Utara GL Zoo Segera Dibongkar

YOGYA, KRJOGJA.com - Jembatan yang terletak di sisi utara Gembira Loka Zoo (GL Zoo) akan dibongkar ulang pada tahun ini. Ditargetkan pada Maret mendatang proses fisik sudah bisa dilakukan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya Umi Akhsanti, mengungkapkan terdapat dua sisi jembatan di atas Kali Gajah Wong tersebut. “Yang akan dibangun ulang ialah jembatan sisi selatan. Selama ini memang tidak difungsikan karena konstruksinya sudah tidak layak. Sedangkan sisi utara hanya akan diperbarui setelah sisi selatan selesai,” terangnya.

Alokasi pembangunan Jembatan GL Zoo tersebut mencapai Rp 7 miliar. Pendanaannya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat yang diajukan sejak tahun lalu. Proses lelang akan dilakukan bulan depan atau Februari, dan diharapkan Maret sudah ada pemenangnya supaya segera melakukan proses fisik.

“Konstruksi jembatan nanti menggunakan baja. Makanya konstruksi yang sekarang harus dibongkar dulu,” imbuh Umi.

Tahun lalu, DPUPKP Kota Yogya juga sudah melakukan soil test sebagai bagian dari perencanaan konstruksi pembangunan jembatan. Dari proses itu diketahui bahwa baja yang digunakan sebagai konstruksi jembatan lama adalah jenis baja yang langka.

Nantinya, jembatan yang akan dibangun di sisi selatan memiliki lebar yang hampir sama dengan jembatan di sisi utara dan didesain dengan konsep agar kedua jembatan tersebut bisa disatukan. “Setelah jembatan di sisi selatan selesai dibangun, jembatan di sisi utara juga akan diperbaiki pada 2020 atau 2021. Hal karena usia konstruksi jembatan di sisi utara juga sudah tua meskipun dari segi kekuatan masih cukup bagus,” katanya.

Umi mengatakan, perbaikan jembatan tidak dilakukan sekaligus karena akan mengganggu lalu lintas kendaraan. Sementara itu, jembatan yang saat ini masih aktif dilalui kendaraan memiliki desain konstruksi yang sudah tidak lagi ditemukan dalam desain konstruksi jembatan.

Usai pembangunan ulang jembatan tersebut, rencananya akan dijadikan penanda batas kota. Sekaligus juga menjadi pintu masuk Kota Yogya dari sisi timur. Oleh karena itu, pada kedua sisi jembatan akan didesain secara artistik dilengkapi dengan sclupture supaya warga yang melintas mengetahui jika mereka masuk ke wilayah Kota Yogya. (Dhi)