DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 15 Januari 2019 / 18:14 WIB

Polda DIY Janji Tindaklanjuti Laporan Forum Wartawan Yogya

SLEMAN, KRJOGJA.com - Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY berjanji menindaklanjuti pelaporan Forum Wartawan Yogyakarta atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan akun Facebook Yanto Sumantri. Polda membentuk tim cyber crime yang nantinya akan mendalami berbagai hal terkait pelaporan, Selasa (15/01/2019) siang tadi.

Dirreskrimsus Polda DIY Kombes Polisi Gatot Agus Budi Utomo mengatakan pihaknya telah menerima laporan wartawan Yogyakarta terkait dugaan pencemaran nama baik. Menurut dia, tahap pertama polisi telah memintai keterangan pelapor termasuk memeriksa bukti awal yang dilaporkan pada pihak kepolisian.

“Kita sudah bentuk tim cyber crime untuk mengkaji laporan yang diterima hari ini. Kita dalami dulu, terpenting pelapor kita lakukan klarifikasi dan saksi sudah kita mintai keterangan termasuk untuk bukti awalnya cukup,” ungkapnya.

Polda menurut Gatot Agus siap menindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dengan transparan. “Kita pastikan prosesnya transparan dan bisa dicek pada penyidik. Kami lakukan pengkajian terlebih dahulu, kemudian bukti dan fakta kita kaji baru kemudian diputuskan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, akun Facebook Yanto Sumantri diduga membuat postingan status beserta capture sebuah berita yang menggiring opini publik dalam kolom komentar. Meski kemudian dihapus namun postingan tersebut dinilai mendiskreditkan profesi jurnalis yang dilindungi undang-undang. (Fxh)