Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Selasa, 15 Januari 2019 / 17:20 WIB

KKN UNS Dilepas, Dilarang Kampanye!

SOLO, KRJOGJA.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr Ravik Karsidi MS meminta kepada seluruh mahasiswa tak melakukan kegiatan politik praktis di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN). Karena kalau mahasiswa berpolitik saat KKN berpotensi menimbulkan kekeruhan.

"Tugas KKN sudah ada tema dan program. Silakan itu dikawal dan disukseskan. Jangan tergoda berpolitik ngajak-ngajak kampanye warga karena bisa menimbulkan kekeruhan," kata Prof Ravik saat melepas 1.756 mahasiswa KKN di depan kampus Kentingan, Selasa (15/1/2019).

Hal itu diingatkan kepada peserta KKN karena sekarang memasuki bulan politik. Sejauh ini rektor Prof Ravik belum menemukan indikasi. "Sebagai orangtua kami perlu mengingatkan agar mahasiswa mentatati peraturan dan tata tertib KKN," terangnya.

Dicontohkan, tahun lalu mahasiswa tidak boleh bermain ke daerah wisata. Mereka ada yang tergoda dan nekat, akhirnya pulang tinggal jasad. Jika ditemukan ada peserta KKN yang berpolitik praktis akan dikenai sanksi. Bisa sanksi akademik maupun administratif. "Jadi kami mengingatkan agar tidak terjadi mahasiswa yang berpolitik di lokasi KKN," katanya.

Pada periode ini, Unit Pengelola KKN memberangkatkan 1.756 mahasiswa yang tersebar ke 13 kabupaten di Jawa Tengah, 5 kabupaten di Jawa Timur, satu kabupaten di Jawa Barat, 13 kabupaten di luar Pulau Jawa, dan satu lokasi di luar negeri yakni Sabah, Malaysia.(Qom)