Jateng Editor : Agus Sigit Selasa, 15 Januari 2019 / 15:34 WIB

Terangi Boyolali, 1.200 Unit PJU Disiapkan Tahun ini

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Sebanyak 1.200 unit penerangan jalan umum (PJU) ditargetkan dipasang tahun ini di sejumlah ruas jalan di Boyolali. Anggaran sebesar Rp10 miliar pun telah disiapkan tahun ini untuk pengadaan dan perawatan PJU. 

"Secara bertahap, seluruh ruas jalan di Boyolali akan diterangi dengan PJU, sehingga masyarakat pengguna jalan bisa nyaman melintas, terutama di malam hari," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali, Untung Raharjo, Selasa (15/1). 

Dari 1.200 unit PJU yang disiapkan, sambung Untung, sebanyak 1.000 unit akan dihibahkan ke pihak pemerintahan desa, terutama di jalan desa yang kondisi penerangan jalannya masih minim. Sementara untuk penerangan di ruas jalan kabupaten, disiapkan sebanyak 200 unit. Titik lokasi yang akan dipasang PJU diantaranya adalah jalan baru yang sudah atau akan dibangun dan sebagian mulai difungsikan, diantaranya akses jalan masuk kawasan Kebun Raya Indrokilo, serta jalan di Alun-alun Lor yang direncanakan akan menjadi akses keluar-masuk tol. 

Jumlah pengadaan unit PJU tersebut belum termasuk unit PJU bantuan dari pemerintah pusat, berupa lampu PJU tenaga surya. 

Di sisi lain, Pemkab Boyolali saat ini juga sudah mengaplikasikan teknolog pintar dalam pengawasan dan operasi PJU yang jumlahnya mencapai 38 ribu titik di seluruh Boyolali. Unit PJU bisa diakses melalui teknologi informasi dengan aplikasi yang terhubung dalam jaringan internet, sehingga monitoring kondisi lampu hingga pemakaian daya bisa dilakukan secara realtime. "Sistem ini termasuk dalam program smart city yang dikembangkan dan diaplikasikan di Boyolali," (Gal)