Hiburan Editor : Agung Purwandono Selasa, 15 Januari 2019 / 01:52 WIB

Baru Dua Lukisan Raden Saleh di Kraton Yogya yang Direstorasi, Ini Alasannya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dari ratusan koleksi lukisan yang dimiliki oleh Museum Lukisan Kraton Yogyakarta, baru dua lukisan yang direstorasi. Pihak kraton punya alasan tersendiri kenapa baru dua lukisan yang merupakan karya maestro Raden Saleh direstorasi.

“Biaya untuk melakukan restorasi sangat mahal. Kami menggunakan dana dari beberapa sumber, salah satunya memang Dana Keistimewaan (Danais) meski jumlahnya sedikit,” kata Penghageng Kawedanan Hageng Nitya Budaya  Kanjeng Ratu (GKR) Bendara di Museum Lukisan Kraton Yogyakarta.

Menurut GKR Bendara dalam melakukan restorasi lukisan, pihak kraton sangat berhati-hati. Termasuk untuk mencari tenaga restorator yang akan mengerjakan. “Setelah dua tahun kami menemukan Michaela Anselmini dari Italia yang kami percaya untuk melakukan restorasi,” ujar GKR Bendara.

Lebih lanjut GKR Bendara mengatakan lukisan karya Raden Saleh dipilih untuk direstorasi lebih dulu karena faktor bahwa sosok Raden Saleh dikenal sebagai maestro yang bukan hanya dikenal di Indonesia, namun juga di dunia.

Dua lukisan yang direstorasi adalah lukisan potret Sri Sultan Hamengkubuwono VI dan potret sang permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Hageng (ditandatangani dan diberi angka tahun 1868).  “Selama ini dua lukisan tersebut dirawat secara non profesional dalam upaya mempertahankannya agar dalam kondisi baik,” kata GKR Bendara.

Menurut GKR Bendara, saat ini Museum Lukisan Kraton Yogyakarta memiliki sekurangnya 400 lukisan. Saat ini diakuinya belum dilakukan inventarisasi lukisan karya siapa saja. “Setahu kami setidaknya ada 3 lukisan karya Raden Saleh. Ini yang sedang kami lakukan dengan merevitalisasi Museum Lukisan Kraton Yogyakarta,” katanya.

Sebelumnya renovasi pada Bangsal Ksatrian telah selesai dilakukan. Langkah berikutnya adalah proses restorasi Museum Lukisan Kraton Yogyakarta yang selama ini memang menggunakan Bangsal Ksatriaan.

Dikatakannya, Michaela Anselmini merupakan restorator dengan latar belakang pendidikan restorasi seni dan konservasi di Italia.  Rencananya pekerjaan untuk melakukan restorasi dua lukisan karya Raden Saleh akan selesai pada Februari 2019.

“Pekerjaan restorasi lukisan ini merupakan salah satu dari beberapa pekerjaan yang sedang berlangsung di Kraton Yogyakarta. Tujuannya untuk mempreservasi budaya dan artefak, dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan,” papar GKR Bendara.

Michaela Anselmini sendiri mengatakan bahwa sebenarnya Kraton Yogyakarta pada masa lalu telah berusaha mempreservasi lukisan meski konservasi lukisan profesional saat itu belum dapat di akses di Indonesia.

Saat ini dengan merestorasi koleksi lukisannya, menandakan Kraton Yogyakarta melakukan upaya penting untuk melestarikan koleksi berharganya. (Apw)