Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 15 Januari 2019 / 03:10 WIB

Underpass Jendsud Dibuka Kemacetan Terurai

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Kemacetan lalu lintas yang biasa terjadi tiap hari di Jalan Jenderal Sudirman Barat Purwokerto, Senin (14/1/2019) tidak terjadi setelah underpass Jenderal Sudirman (Jendsud) di sebelah selatan Stasiun Purwokerto, dibuka. 

Pembukaan underpasa ini disambut gembira warga Kota Purwokerto. Karena dengan dibukanya underpass Jendsud bisa mengurai kemacetan lalu lintas sepanjang satu kilometer, akibat adanya lintasan sebidang perlintasan kereta api. 

"Sekarang sudah tidak ada kemacetan, karena tidak harus menunggu pintu perlintasan kereta api dibuka saat ada kereta api lewat," kata Arbianto (36) warga Cilongok. 

Menurutnya saat belum ada underpass di perlintasan KA Jendsud terjadi kemacetan panjang dari pertigaan Bank BRI Cabang Purwokerto hingga pertigaan Porka Purwokerto Barat. Kemacetan panjang terjadi adanya buka tutup pintu perlintasan KA setengah jam sekali. Sehingga menyebabkan antrian panjang kendaraan dari dua arah dari timu dan barat. 

Kepala Dinas Perhubungam (Dinhub) Kabupaten Banyumas Sugeng Hardoyo, menjelaskan  uji coba 'underpass' Jendsud dilakukan sebagai bahan evaluasi sebelum dilakukan pengoperasian secara resmi. 

Menurutnya, pengoperasian 'underpass' Jensud secara resmi akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo sekitar bulan Februari atau Maret 2019 mendatang. 

"Underpass Jendsud dibangun untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas di Jalan Jenderal Soedirman terutama ketika ada kereta api yang melintas," kata Sugeng. 

Ia meminta kepada pengendara  yang melintas di "underpass" Jendsud  agar tidak berhenti untuk sekadar berswafoto seperti halnya, karena akan mengganggu lalu lintas.

"Petugas akan menindak warga yang berswafoto di 'underpass'Jendsud," tegasnya.(Dri)