Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 15 Januari 2019 / 09:10 WIB

Menpar Buka Wonderful Startup Academy Batch II

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya secara resmi membuka sesi perdana Wonderful Startup Academy (WSA) batch 2 dengan paparan berjudul 'The Future of Tourism in Indonesia' di Kolega x MarkPlus, Kuningan, Jakarta Selatan.

Wonderful Startup Academy merupakan program inkubasi startup pertama di bidang pariwisata di Indonesia, yang diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Kegiatan ini merupakan kelanjutan yang batch pertama yang telah diselenggarakan pada tahun 2017.

Jumlah pendaftar WSA batch II meningkat lebih dari 70 % yaitu sebanyak 309 Startup, dari sebelumnya 180 Startup pada batch I. Dari 309 Startup tersebut berhasil dipilih 30 Startup terbaik yang akan mengikuti WSA batch II. 

Dean of Wonderful Startup Academy, Hiramsyah S. Thaib, mengatakan bahwa Wonderful Startup Academy juga mendukung salah satu program pemerintah, yaitu Program 10 Destinasi Pariwisata Prioritas yang bisa memberdayakan ekonomi masyarakat dan pada akhirnya menyejahterakan banyak masyarakat luas.

WSA batch II tahun 2019 memiliki durasi program yang lebih singkat, namun lebih padat dan terarah. Program akan berlangsung selama tiga bulan. Pada bulan pertama yang merupakan Creative Camp, peserta akan diberikan materi dengan topik 
"Tourism Mindset yaitu seputar Startup dan pengetahuan kepariwisataan. Selanjutnya pada bulan kedua, program inkubasi akan masuk ke dalam topik 'Business Mindset' dengan materi seputar validasi pelanggan, produk, dan hingga marketing dan penjualan. Pada bulan kedua, peserta akan diseleksi kembali hingga terpilih 10 Startup."

 
Sementara itu, pada bulan ketiga, materi akan lebih fokus tentang “Investment Mindset”, yang akan memperkenalkan peserta dengan materi seputar investasi, serta akan demo day, hingga nantinya akan terpilih 3 Startup terbaik.  Selain mendapatkan materi dari para pembicara handal, peserta WSA batch II berkesempatan mendapatkan mentoring, networking, hingga mendapatkan akses pendanaan. (*)