Peristiwa Agregasi    Senin, 14 Januari 2019 / 21:12 WIB

Sewa 10 PSK di Filipina, Komandan Kapal Selam AS Dipecat

MANILA, KRJOGJA.com  - Komandan kapal selam Amerika telah dibebastugaskan setelah diketahui menyewa gerombolan 'perempuan berpakaian provokatif' untuk menghibur dirinya dan para anak buah kapalnya ketika dia ditempatkan di Filipina.

Kitsap Sun melaporkan, Kapten Travis Zettel dibebastugaskan pada Agustus lalu karena 'perilaku pribadi yang tidak pantas' setelah diduga 'memerintahkan' sepuluh gadis pekerja seks komersial (PSK) ke hotel tempat dia menginap sementara kapal selamnya, USS Bremerton, berlabuh ke Teluk Subic. Detail mengenai laporan tersebut diperoleh melalui permintaan Undang-Undang Kebebasan Informasi.

Berdasarkan keterangan saksi, Zettel terlihat menikmati saat-saat dia ditemani para “perempuan berpakaian provokatif”. Sedikitnya tiga perempuan lokal memegang lengan Zettel saat dia berkeliling menyapa sesama pelaut di hotel pada Maret 2018.

Insiden tersebut kemudian dilaporkan kepada otoritas terkait yang memulai penyelidikan pada Mei lalu, sesaat setelah USS Bremerton kembali ke Pangkalan Angkatan Laut Kitsap di Washington untuk memulai penonaktifan. Demikkian diwartakan RT, Senin (14/1/2018).

Di hadapan Dinas Penyelidikan Kriminal Angkatan Laut (NCIS) Zettel mengakui tuduhan –tuduhan tersebut dihadapkan oleh Naval Criminal Investigative Service dan mengakui perbuatannya menyewa pendamping perempuan selama bertugas.

Karena skandal itu, dia mendapat teguran dan dibebastugaskan pada Agustus. Ia dipindahkan ke posisi lain dalam Skuadron Kapal Selam 19 yang berbasis di Pangkalan Angkatan Laut Kitsap-Bangor. (*)