Hiburan Editor : Agung Purwandono Senin, 14 Januari 2019 / 14:42 WIB

Kraton Yogya Akan Restorasi Koleksi Lukisan

YOGYA, KRJOGJA.com - Kraton Yogyakarta akan melakukan restorasi pada ratusan lukisan yang dimiliki oleh Museum Lukisan Kraton Yogyakarta. Dua lukisan karya Raden Saleh mengawali program restorasi yang direncanakan berlangsung selama 2019.

"Restorasi ini seiring rencana program mengubah wajah Museum Lukisan Kraton Yogyakarta yang selama 30 tahun ini tidak berubah," kata Penghageng Kawedanan Hageng Nitya Budaya  Kanjeng Ratu (GKR) Bendara di Bale Raos, Senin (14/01/2019).

Mengawali proses restorasi, dua lukisan karya maestro Raden Saleh telah dikerjakan oleh restorator asal Italia Michaela Anselmini. "Pihak Kraton khawatir jika memilih restorator sembarangan, karena lukisan ini bukan hanya peninggalan tapi juga termasuk pusaka keraton," kata GKR Bendara.

Setelah restorasi dua lukisan karya Raden Saleh, akan dilanjutkan dengan restorasi lukisan-lukisan lain di Museum Lukisan Kraton Yogyakarta. "Wajah lukisan akan berubah lebih kekinian sehingga wisatawan datang ke Yogya tidak hanya ke wisata selfie tapi juga bisa berkunjung ke museum lukisan," ujar GKR Bendara. (Apw)