Olahraga Editor : Danar Widiyanto Minggu, 13 Januari 2019 / 22:30 WIB

KOMPETISI VOLI PROLIGA PUTARAN II

Putra BNI 46 Tumbangkan Juara Bertahan

PALEMBANG, KRJOGJA.com - Tim voli putra Jakarta BNI 46 membuat kejutan usai menumbangkan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator  dengan skor 3-1 (25-23, 25-20, 18-25 dan 25-22) pada pekan pertama putaran II kompetisi  voli profesional  Proliga 2019. Duel  kedua tim tersebut  digelar di GOR PSCC Palembang, Sumsel, Minggu (13/1/2019).

Berkat kemenangan itu, tinggal selangkah lagi bagi putra BNI 46 untuk menyegel tiket ke babak Final –four (FF). Putra BNI saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara Pool Putra  dengan rekor empat kali menang  dan tiga kali kalah, mengumpulkan 11 poin.

Dalam laga kedua  tadi malam, putri  Jakarta  PGN Popsivo Polwan  juga sukses menorehkan kemenangan, usai menundukkan Jakarta Elektrik PLN  dengan skor 3-1 (25-22, 20-25, 25-22 dan 25-13).

Dalam laga Jakarta BNI 46 kontra Samator berjalan sengit sejak set pertama. Tim voli putra Jakarta BNI 46 yang ditukangi pelatih  Samsul Jais  yang juga mantan pelatih putra Indonesia pada Asian Games 2018, langsung menggebrak pertahanan Samator.  Putra BNI 46  langsung unggul 7-4.  Tapi Samator pun mampu mengejar ketinggalan, hingga balik memimpin poin 16-14. Meski begitu, Samator gagal menambah poin lebih banyak lagi, hingga  set  pertama ditutup putra BNI 46  dengan skor 25-23.  Memasuki set kedua, putra BNI 46 terus memimpin jauh skor  dengan 13-9. 

Para pemain Samator yang diperkuat Randy Tamamilang dan kawan-kawan mencoba bangkit untuk meminimalisir kesalahan sendiri, tapi putra BNI 46 kembali  mengamankan set kedua dengan skor 25-20. Pada set ketiga, putra Samator yang sudah tertinggal 0-2, mampu mengambil set ini dengan skor  25-18.  Akibatnya, terpaksa memperpanjang permainan ke set keempat, yang kembali dimenangkan putra BNI 46 dengan skor  25-22. Sekaligus bagi putra BNI 46 mampu melakukan ‘revans’  atas kekalahan mereka pada putaran pertama lalu dari Samator dengan skor 1-3.

“Evaluasi  lawan Samator bukan hanya masalah pertandingan tehnis, kita juga tahu tidak akan mudah mendapatkan poin dari Samator. Kita pun semua tahu  bagaimana pertahanan dari Samator begitu rapat. Tapi kunci kemenangan kita kali ini, yaitu di servis dan receive, kita mampu menyerang di dua set awal melalui serve yang bagus,” ujar Samsul Jais.

Sementara itu, pelatih Samator Ibarsyah Djanu Tjahyono  mengakui anak  asuhnya  dalam laga kali ini melawan Jakarta BNI 46  banyak melakukan kesalahan sendiri . Dari servis saja banyak  poin percuma yang diberikan kepada lawan. “Putra BNI 46 memang tampil luar biasa.  Pada set pertama dan kedua mereka mampu membuat kami tertekan, sehingga kami banyak melakukan kesalahan. Kami banyak salah dari receive, blok hingga servis. Namun di set ketiga kami bisa memperbaiki kesalahan dan berhasil merebut kemenangan. Namun demikian di set keempat, kami kembali gagal meraih kemenangan, sehingga  keberuntungan kembali milik  putra BNI 46, “ ujar Ibarsyah.(Rar)