Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 14 Januari 2019 / 07:10 WIB

Hari Ini Underpass Jenderal Sudirman Diuji Coba

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Pembangunan underpass di Jalan Jenderal Soedirman (Jendsud) Purwokerto atau sebelah selatan Stasiun KA Purwokero, Senin (14/1/2019) yang akan diuji coba untuk dilalui kendaraan dua arah. Uji coba dilakukan setelah pembangunan underpass memasuki finishing atau tinggal pengecetan. 

Kasat Lantas Polres Banyumas AKP Finan Sukma Radita, Minggu (13/1/2019) malam, menjelaskan,
Rencananya Senin (14/1/2019) underpass Jendsud akan diuji coba untuk dilalui kendaraan dari dua arah. "Dengan uji coba kita akan melihat arus lalu lintas, di ruas underpass ada kemacetan atau tidak," ungkapnya. 

Uji coba dilakukan, setelah pembangunan underpass yang menghabiskan dana miliaran rupiah memasuki finishing tinggal pengecetan, sekaligus untuk mengetahui ada kemacetan atau tidak di lintasan tersebut. Pembangunan underpass yang menggunakan dana APBN dan APBD Kabupaten Banyumas itu dalam rangka mengurai kemacetan dengan menghindari perlintasan kereta apu sebidang di disebelah selatan Stasiun Kereta Api Purwokerto. Diharapkan dengan selesainya pembangunan underpass Jendsud dan penggunaan maka kemacetan panjang arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman bisa diantisipasi. 

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono yang dihubungi terpisah, menjelaskan setelah selesai membangun underpass Jensud, Pemkab Banyumas bersama pemerintah pusat berencana akan membangun underrpass lagi tahun 2019. Rencana pembangunan underpass tersebut sedang dikaji untuk dua titik kemacetan di perlintasan kereta api sebidang di Jalan Veteran Purwokerto, dan perlintasan kereta api sebidang di Dusun Kaliwangi, Desa Tambaknegara, Rawalo.

"Kita masih kaji dulu untuk dua perlintasan kereta api yang paling utama mana dulu," kata Sedewo Tri Lastiono. Rencana pembangunan underpass tersebut setelah pemerintah pusat menyetujui dan sudah menyiapkan danannya untuk membangun underpass.

Dari pantaun KRjogja.com, dari dua pintu perlintasan kereta api, sebidang yang rencananya akan dibangun underpass di tahun 2019 yang paling memacetakan arus kendaraan hingga panjang lebih dari 7 kilometer yakni di perlintasan jalan nasional Purwokerto - Cilacap tepatnya di Dusun Kaliwangi, Desa Tambaknegara, Rawalo. Kemacetan bisa terjadi dari pertigaan Pasar Rawalo hingga pertigaan Pasar Patikraja yang panjang mencapai 7 kilometer.(Dri)